NAMA SAMARAN GAUL

Nama Samaran Gaul – Menggunakan nama samaran merupakan hal yang biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu lingkungan yang sering kita jumpai banyak nama samaran adalah dalam lingkungan penulis. Nama samaran dapat pula disebut sebagai nama pena. Kebanyakan penulis menggunakan nama samaran atau nama pena pada karya yang ia buat. Tak jarang orang lebih mudah mengingat nama samaran tersebut dari pada nama aslinya.

Nama samaran ini dibenarkan untuk para penulis. Tentu saja bukan tanpa alasan, bahkan hal ini dilindungi oleh Undang Undang Hak Cipta. Nama samaran dianggap sebagai salah satu bagian dari hak moral penulis. Penggunaan nama samaran dalam karya mereka tersebut memiliki berbagai alasan dan tujuan.

Bahkan tahukah anda sebelum adanya Nama Samaran Gaul, pada zaman penjajahan, banyak penulis Tanah Air yang menggunakna nama samaran demi keamanan diri mereka yang menyebarkan tulisan propaganda nasionalisme. Di zaman modern seperti ini nama samaran biasa digunakan penulis. Bahkan ada yang menggunakan banyak nama samaran untuk karya mereka yang berbeda-beda.

Dibawah ini merupakan beberapa tujuan digunakannya Nama Samaran Gaul bagi penulis :

  • Untuk menyamarkan identitas asli guna menjaga keamanan mereka sebagai akibat dari tulisannya.
  • Untuk menyamarkan gender.
  • Untuk membuat sebutan yang unik bagi diri mereka.
  • Untuk menciptakan merek diri untuk pasar.
  • Untuk mengklasifikasi antara penulis dan karyanya (ini terjadi dalam beberapa nama samaran)
  • Untuk menyingkat namanya yang mungkin terlalu panjang.

Ada sejumlah penulis yang memiliki nama samaran yang sangat terkenal. Salah satunya adalah penulis terkenal J.K. Rowling. Seperti yang kita ketahui bahwa karyanya tak hanya melejit di negara asalnya saja, namun sangat populer hingga ke mancanegara termasuk Indonesia. Banyak orang yang mengagumi karya-karyanya. Dan dirinya memilih untuk menggunakan nama samaran lain yaitu Robert Galbraith untuk karyanya yang berjudul The Cuckoo’s Calling, The Silkworm, dan Career of Evil (versi bahasa Indonesia diterbitkan Gramedia Pustaka Utama).

Jika dilihat dengan seksama nama tersebut adalah nama untuk kaum pria. Namun tentu saja beliau memiliki alasan tertentu mengapa dirinya memilih untuk menggunakan Nama Samaran Gaul dengan nama pria. Memang meskipun sudah menggunakan nama tersebut, akhirnya identitas asli Robert Galbraith yang ternyata adalah J.K. Rowling terbongkar juga. Dan pada akhirnya karya tersebut diburu pembaca sebagai karya J.K. Rowling.

Ada beberapa contoh Nama Samaran Gaul yang lainnya. Nama nama ini sudah digunakan oleh para penulis terkenal. Siapa saja nama tersebut? Berikut ulasannya.

  • Nama Samaran : Tere Liye, Nama Asli : Darwis
  • Nama Samaran : N.H. Dini, Nama Asli : Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin
  • Nama Samaran : Dewi Dee, Nama Asli : Dewi Lestari
  • Nama Samaran : Hamka, Nama Asli : Haji Abdul Malik Karim Amrullah
  • Nama Samaran : Tasaro GK, Nama Asli : Taufik Saptoto Rohadi
  • Nama Samaran : Pamusik Eneste, Nama Asli : Pamusuk Nasution
  • Nama Samaran : Remy Silado, Alif Danya Munsyi, Dova Zila, Jubal Anak Perang Imanuel, Juliana C. Panda, Nama Asli : Yapi Panda Abdiel Tambayong
  • Nama Samaran : Mark Twain, Nama Asli : Samuel Langhorne Clemens

Nah bagi anda yang mungkin ingin menggunakan Nama Samaran Gaul, sebenarnya boleh-boleh saja. Namun harus diingat, nama tersebut hendaknya jangan disalahgunakan. Jangan sampai nama tersebut digunakan untuk melakukan sebuah kejahatan yang akhirnya merugikan diri sendiri dan orang banyak. Untuk anda yang ingin membuat nama samaran, anda juga bisa membuatnya dari nama anda sendiri. Misalnya singkatan dari nama anda, atau beberapa huruf dari nama anda, atau yang lain sebagainya. Contohnya : Ardian Nando Dirawan (nama asli) menjadi Andi (nama samaran), Samuel (nama asli) menjadi Sammy (nama samaran), dan masih banyak lagi.

Demikianlah ulasan kami mengenai Nama Samaran Gaul. Anda bisa saja membuatnya lebih kreatif lagi. Semoga bermanfaat ya, dan sampai jumpa di ulasan yang berikutnya.

 

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*