CARA PENCEGAHAN VIRUS ZIKA

Cara pencegahan virus Zika merupakan salah satu hal yang dapat anda lakukan untuk mengantisipasi adanya serangan dari virus tersebut. Karena memang hingga saat ini, belum ditemukan obat untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh virus Zika.

Salah satu tindakan yang sudah pasti harus dilakukan adalah mencegah gigitan nyamuk. Tindakan ini juga merupakan salah satu tindakan pencegahan awal yang bisa membantu Anda terhindar dari infeksi virus Zika. Namun itu hanya sebagian kecil bentuk pencegahannya.

Mosquito sucking blood on a human hand

Mosquito sucking blood on a human hand

Dibawah ini merupakan beberapa Cara pencegahan virus Zika agar terhindar dari virus tersebut. Apa saja? mari simak ulasan lengkapnya.

  • Yang pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan tempat yang Anda tinggali memiliki pendingin ruangan atau setidaknya memiliki tirai pintu dan jendela yang dapat mencegah nyamuk masuk ke ruangan.
  • Cara pencegahan virus Zika yang selanjutnya adalah sebaiknya saat beraktivitas anda menggunakan baju dan celana berlengan panjang
  • Kemudian saat tidur gunakan kelambu pada tempat tidur jika area yang Anda kunjungi tidak memiliki penghalau nyamuk.
  • Anda juga bisa menggunakan bahan penolak serangga yang terdaftar pada badan perlindungan lingkungan atau environmental protection agency (EPA) sebagai salah satu Cara pencegahan virus Zika. Untuk pemakaianya, anda dapat menyesuaikan dengan instruksi yang tertera pada kemasan. Instruksi yang terlampir akan memberikan informasi mengenai pengaplikasian ulang, area pengaplikasian yang diperbolehkan, waktu dan durasi pengaplikasian.
  • Namun perlu diingat bahwa untuk bayi yang berusia di bawah dua bulan sangat tidak diperkenankan menggunakan bahan penolak serangga ini. Oleh karena itu Cara pencegahan virus Zika pada bayi adalah dengan memastikan bahwa pakaian bayi yang ia kenakan dapat melindunginya dari gigitan nyamuk.cara-pencegahan-virus-zika-2
  • Bukan hanya untuk orang dewasa, sebaiknya gunakan juga kelambu pada tempat tidur bayi, kereta dorong bayi, dan gendongan atau alat pengangkut bayi lainnya.
  • Sebaiknya terus perhatikan area tubuh anak yang berusia lebih dewasa saat mengaplikasikan bahan penolak serangga. Ingat hindari area tubuh yang terluka atau sedang mengalami iritasi, area mata, mulut, dan tangan. Karena bagian tubuh yang demikian lebih rentan dan memerlukan perhatian yang lebih untuk mengobatinya.
  • Cara pencegahan virus Zika yang berikutnya adalah pilihlah perawatan, pencucian, atau pemakaian pakaian serta peralatan yang menggunakan bahan dengan kandungan permethrin. Pelajari informasi produk dan instruksi penggunaan mengenai perlindungan yang diberikan. Sebaiknya hindari menggunakan produk ini pada kulit anda.
  • Tak sampai disitu saja, kemudian pelajarilah juga informasi mengenai daerah yang akan Anda kunjungi, seperti fasilitas kesehatan dan area luar ruangan terbuka sebelum waktu keberangkatan tiba, khususnya area yang terjangkit virus Zika.
  • Cara pencegahan virus Zika yang terakhir adalah lakukan tes virus Zika sekembalinya Anda dari berbagai wilayah atau negara lain. Hal ini juga sangat diutamakan bagi perempuan hamil.

Demikianlah Cara pencegahan virus Zika yang bisa kami sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons