PENYEBARAN VIRUS ZIKA DI INDONESIA

Masih tentang virus Zika yang kini mulai merebak ke seluruh dunia. Dan kali ini kita akan membahas mengenai Penyebaran Virus Zika di Indonesia. Karena meski awal penyebaran terjadi di negara yang jauh dari Indonesia, namun tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti ini akan cepat tersebar di Tanah Air.

Kewaspadaan masyarakat pun meningkat seiring dengan mulai menyebarnya virus ini di berbagai negara seperti Brazil. Di negara ini pada tahun 2015 lalu terjadi perningkatan jumlah korban yang mulai terjangkit virus yang cukup berbahaya ini.

PENYEBARAN VIRUS ZIKA DI INDONESIA (3)Semakin dekat ke Indonesia, negara Singapura mulai menjadi salah satu negara yang disinggahi oleh virus yang menimbulkan gejala awal seperti demam tinggi ini. Menurut berita yang beredar ada sekitar 41 orang terjangkit Virus Zika di Singapura. Ini semakin membuat warga Indonesia semakin resah dengan Penyebaran Virus Zika di Indonesia.

Infeksi pertama yang teridentifikasi berasal dari pria berusia 48 tahun yang baru saja kembali dari Brasil. Dan benar saja pria tersebut mulai terjangkit sejak berada di Brazil. Dari sinilah virus tersebut semakin tersebar ke Singapura. Dengan terjadinya hal ini, pemerintah Singapura mulai meningkatkan kewaspadaan mengenai penduduknya yang bepergian ke Brasil.

Hingga saat ini, ada sekitar 65 negara yang penduduknya mulai terjangkit Virus Zika. Nah untuk Penyebaran Virus Zika di Indonesia, menurut kabar yang beredar bahwa ada seorang warga di daerah Jambi yang teridentifikasi terkena virus ini. Hal ini pun dibenarkan oleh Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek. Berdasarkan laporan yang diterimanya bahwa seorang yang terjangkit virus Zika berada di Jambi tepatnya berasal dari suku Anak Dalam.

Sebenarnya virus ini ditemukan saat diadakannya penelitan yang difokuskan pada dengue (demam berdarah). Namun hal yang cukup mengejutkan pun ditemukan oleh para petugas saat itu. Seorang warga dinyatakan telah positif terjangkit virus Zika. Dengan ini maka semakin jelas mengenai hal Penyebaran Virus Zika di Indonesia.

Namun hingga kini belum bisa dipastikan berapa jumlah penduduk di seluruh Indonesia yang benar-benar terkena virus Zika. Akan tetapi dapat dinyatakan bahwa penyebarannya belum sampai ke tahap yang lebih serius dan mengkhawatirkan. Diprediksi bahwa yang terjangkit belum sampai dalam hitungan puluhan orang.

PENYEBARAN VIRUS ZIKA DI INDONESIA (2)Untuk mencegah Penyebaran Virus Zika di Indonesia yang disebutkan dapat berakibat pada kondisi bayi lahir dengan kepala mengecil dan mengalami cacat otak ini, pemerintah mulai mengerahkan sejumlah petugas kantor kesehatan di pelabuhan dan bandar udara. Mereka diperintah untuk melakukan screening terhadap mereka yang menderita demam.

Tak hanya itu, di bandara kini mulai disediakan alat pendeteksi suhu tubuh. Diharapkan dengan adanya alat ini maka petugas akan lebih mudah mendeteksi adanya virus Zika yang mungkin saja dibawa oleh seseorang dari negara tertentu. Dan apabila dinyatakan positif demam, maka orang tersebut wajib diambil darah dan mengisi kartu alert untuk mendapatkan pantauan lebih lanjut oleh petugas kesehatan.

Demikianlah informasi mengenai Penyebaran Virus Zika di Indonesia yang bisa kami sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat ya. Dan perlu diingat selain hal yang sudah disebutkan tadi, anda  juga wajib untuk menjaga kebersihan lingkungan yang ada di sekitar anda.

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*