APA ITU VIRUS ZIKA?

Belakangan ini dunia sedang dihebohkan dengan yang namanya Virus Zika. Namun ditengah kehebohan yang terjadi, banyak pula yang sebenarnya belum mengetahui tentang Apa itu Virus Zika?. Nah bagi anda yang belum tahu, sepertinya wajib mendengarkan infoemasi yang akan kami sampaikan kepada anda.

Virus Zika (ZIKV) merupakan sejenis virus dari keluarga flaviviridae dan genus flavivirus. Virus ini dapat disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Virus ini dapat menyebabkan sakit yang ringan kepada manusia yang dikenal sebagai demam Zika atau penyakit Zika.

APA ITU VIRUS ZIKA (1)

Nah bukan hanya Apa itu Virus Zika, yang perlu anda ketahui, namun asal usul penyakit ini ditemukan pun penting untuk diketahui. Penyakit Zika sendiri mulai terkuak dan diketahui terjadi di daerah khatulistiwa Afrika dan Asia sejak 1950-an.

Pada tahun 2014 lalu, virus ini menyebar ke Timur melintasi Samudra Pasifik ke Polinesia Perancis, kemudian ke Pulau Paskah dan pada tahun 2015. Virus ini kemudian mulai menyebar ke Amerika Tengah, Karibia, dan kini ia menyebar ke Amerika Selatan sebagai satu wabah yang cukup besar.

Bukan lagi soal Apa itu Virus Zika, namun anda juga harus mengetahui tentang penyakit ini lebih jauh lagi. Pada Januari 2016, Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat mengeluarkan panduan perjalanan untuk negara-negara tejangkit wabah, termasuk panduan langkah pencegahan yang dipertingkatkan dan pertimbangan untuk menunda kehamilan bagi wanita.

Mengapa merujuk pada kehamilan seorang wanita? Hal ini dikarenakan transmisi virus Zika pada janin dapat menyebabkan mikrosefalus pada bayi yang baru lahir. Badan-badan kesehatan dan pemerintah lain juga mengeluarkan peringatan yang serupa, sedangkan negara-negara seperti Kolombia, Ekuador, El Salvador, dan Jamaika, menasihati wanita untuk menunda kehamilan sehingga risiko tentang virus tersebut dapat lebih diketahui. Jadi sebaiknya untuk mencengah Apa itu Virus Zika, anda lebih baik mempelajari lebih lanjut tentang virus ini.

APA ITU VIRUS ZIKA (2)

Gejala yang melanda para penderita adalah kesakitan yang berupa penyakit ringan dari demam dengue. Nah bukan hanyaa apa itu virus Zika, namun anda juga wajib mengetahui cara mengcegah virus ini seperti apa. Nah sesorang yang terjangkit harus dirawat melalui istirahat dan tidak bisa dicegah melalui obat-obatan atau vaksin. Penyakit Zika memiliki kaitan dengan demam kuning dan virus Nil Barat yang dibawa oleh flavivirus bawaan artropoda yang lain.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menilai penyakit yang terkait dengan virus Zika di Amerika Latin pada akhir tahun 2015 hingga Januari 2016 telah menimbulkan keadaan darurat kesehatan bagi masyarakat. Oleh sebab itu, WHO mengumumkan Status Darurat Kesehatan Internasional. Bahkan kini setiap negara mulai meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus Zika ini.

Nah sudah jelas mengenai Apa itu Virus Zika? Dan akan lebih baik jika kita bisa mencegah terjangkit virus ini. Semoga bermanfaat ya, dan sampai jumpa di ulasan menarik berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015 Frontier Theme