EMPAT PLANET YANG TERLIHAT PADA GERHANA MATAHARI TOTAL 9 MARET 2016

Sungguh beruntung kita yang dapat menyaksikan fenomena alam yang sangat jarang terjadi ini. Gerhana Matahari Total  seketika menjadi salah satu topik hangat ditengah-tengah masyarakat. Meskipun gerhana matahari sudah berlaangsung kemarin Rabu, 09 Maret 2016 lalu, namun antusiasme masyarakat seolah tak pernah surut.

Bukan hanya karena ini adalah fenomena alam yang langka, namun juga berbagai cerita pun mengiringi peristiwa ini. Maka tak heran jika masyarakat masih banyak yang ingin mencari tahu tentang gerhana matahari kemarin.

Salah satu yang menarik adalah selain karena gerhana matahari total hanya dapat dilihat di Indonesia, tetapi juga karena terlihat bintang-bintang dan planet-planet selama terjadi gerhana matahari total. Bahkan planet yang terlihat saat gerhana matahari total mencapai empat planet. Penasaran planet apa saja itu? Mari kita lihat ulasannya.

1. Merkurius di Langit Timur

Salah satu planet yang akan terlihat adalah Merkurius. Planet ini akan terlihat di langit timur dan berada paling dekat dengan Matahari. Saat menghadap ke arah timur maka terlihat Merkurius berada di atas Matahari. Besar sudut elongasi antara Matahari dan Merkurius sekitar 13 derajat. Merkurius akan terlihat sebagai bintang putih terang. Magnitudonya mencapai 0,2 atau hampir sama terang dengan Bintang Vega di Rasi Lyra. Hal ini sungguh akan menjadi pemandangan yang mengesankan.

2. Venus di Langit Timur

Masih di langit sebelah timur, menemani Merkurius maka hadirlah planet Venus. Saat menghadap ke arah timur maka akan terlihat Venus berada di atas Merkurius dan Matahari. Besar sudut elongasi antara Matahari dan Venus sekitar 23 derajat. Venus akan terlihat sebagai bintang putih paling terang di langit dengan magnitudo mencapai -3,9. Begitu terangnya hingga Venus bahkan bisa terlihat sesaat sebelum dan sesudah gerhana matahari total. Namun memang banyak orang yang menyadari kehadiran 2 planet tersebut.

3. Saturnus di Langit Barat

Tak hanya wilayah Timur, dari wilayah Barat pun terlihat beberapa planet, salah satunya adalah Saturnus. Saturnus berada paling tinggi, letaknya hampir tepat di atas kepala. Besar sudut elongasi antara Matahari dan Saturnus sekitar 93 derajat. Satusnus akan terlihat sebagai bintang putih terang. Magnitudonya mencapai 0,45 atau sedikit lebih redup dibandingkan Merkurius.

4. Mars Di Langit Barat

Masih di langit sebelah Barat, Mars terlihat tidak jauh dari Saturnus. Letaknya Mars berada di bawah Saturnus. Besar sudut elongasi antara Matahari dan Mars sekitar 107 derajat. Mars juga terlihat sebagai bintang merah terang. Magnitudonya mencapai 0,1 atau hampir sama terang dengan Merkurius. Setelah gerhana matahari total 9 Maret 2016, maka Mars akan terlihat semakin terang setiap harinya. Hingga Mars mencapai oposisi pada 22 Mei 2016 dengan magnitudo mencapai -2,6 yaitu dengan kata lain akan lebih terang dari Jupiter.

5. Jupiter

Setelah 4 planet tersebut, untuk Uranus dan Neptunus cahayanya terlalu redup, maka hal ini menyebabkan sulit terlihat secara langsung. Untuk Jupiter sendiri akan lebih dulu tenggelam sebelum gerhana matahari total berlangsung.

Hal ini dikarenakan Jupiter mengalami oposisi sehari sebelum gerhana matahari total yaitu pada 8 Maret 2016. Karena sedang oposisi, maka Matahari dan Jupiter akan berada di sisi yang berseberangan. Yaitu ketika Matahari akan terbit di timur maka Jupiter akan tenggelam di barat.

Jupiter terlihat sebelum matahari terbit di langit barat bukan saat gerhana matahari total berlangsung. Jupiter juga terlihat sebagai bintang putih terang dengan magnitudo -2,5. Besar sudut elongasi antara Matahari dan Jupiter sekitar 176 derajat atau hampir berpelurus.

EMPAT PLANET YANG TERLIHAT PADA GERHANA MATAHARI TOTAL 9 MARET 2016 (1)

EMPAT PLANET YANG TERLIHAT PADA GERHANA MATAHARI TOTAL 9 MARET 2016 (2)

EMPAT PLANET YANG TERLIHAT PADA GERHANA MATAHARI TOTAL 9 MARET 2016 (3)

EMPAT PLANET YANG TERLIHAT PADA GERHANA MATAHARI TOTAL 9 MARET 2016 (4)

EMPAT PLANET YANG TERLIHAT PADA GERHANA MATAHARI TOTAL 9 MARET 2016 (5)

EMPAT PLANET YANG TERLIHAT PADA GERHANA MATAHARI TOTAL 9 MARET 2016 (6)

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*