MAKE UP KULIT SENSITIF

Memiliki kulit sensitif tentu membuat seorang wanita lebih selektif memilih make up kulit sensitif. Karena sedikit saja salah memilih kosmetik atau salah pemakaiannya, akan membuat kulit mengalami alergi dan bisa memicu terjadinya jerawat. Untuk itu para pemilik kulit sensitif tentu harus sangat berhati-hati untuk memilih kosmetik yang tepat.

Namun meskipun kulit anda termasuk kulit yang sensitif, bukan berarti anda tidak bisa menggunakan make up untuk mempercantik diri. Asal pemilihan dan pemakaiannya tepat, anda tetap bisa tampil cantik dengan berbagai sentuhan make up.

Nah untuk anda pemilik kulit sensitif, dibawah ini adalah beberapa tips make up kulit sensitif yang bisa anda ikuti. Mulai dari tips pemilihan make up hingga tips perawatannya. Apa saja ya kira-kira? Yuk kita intip penjelasannya.

1. Pilih Kosmetik yang Hypoallergenic

make up kulit sensitif (2)Untuk pemilik kulit sensitif, pilihlah kosmetik yang hypoallergenic. Produk ini biasanya jarang menimbulkan reaksi alergi pada kulit. Tak hanya itu, perhatikan juga kandungan yang terdapat dalam produk yang kamu pakai, semakin sedikit kandungannya maka semakin baik. Karena bahan-bahan kimia sangat tidak baik untuk kulit sensitif.

Cara mengetahui apakah anda alergi akan satu produk make up kulit sensitif atau tidak, anda bisa mencobanya dengan mengoleskan sedikit di bagian bawah telinga. Biasanya ini berlaku untuk krim dan lotion. Jika terasa gatal, maka produk itu bisa menyebabkan alergi.

2. Gunakan Bedak Tabur

make up kulit sensitif (1)Jika ingin menggunakan bedak, sebaiknya gunakan bedak tabur. Karena bedak tabur memiliki tekstur lebih ringan dibandingkan bedak compact. Hal ini agar kulit anda tidak terlalu dibebani oleh bedak yang anda pakai.

3. Gunakan BB Cream atau CC Cream

make up kulit sensitif (1)Untuk menunjang make up kulit sensitif yang anda pakai, gunakan BB Cream atau CC Cream yang kandungannya lebih ringan sebagai pengganti foundation atau alas bedak. BB Cream biasanya digunakan oleh mereka yang berada dalam perawatan kulit, sehingga kandungannya lebih ringan dari pada foundation. Namun kedua produk ini mampu meratakan warna kulit dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

4. Cuci Aplikator Bedak dan Kuas Make Up

make up kulit sensitif (2)Sebagai pemilik kulit sensitif, pastikan juga aplikator bedak dan kuas make up yang anda miliki selalu dalam keadaan bersih. Sebaiknya alat-alat pendukung make up tersebut dicuci secara rutin setiap seminggu sekali. Hal ini bertujuan untuk menghindari penumpukan bakteri pada aplikator bedak dan kuas Make Up, yang pada akhirnya bisa berakibat buruk pada kulit anda.

Cara membersihkan aplikator bedak dan kuas make up kulit sensitif adalah dengan mencucinya dengan air hangat dan sampo bayi yang lembut. Setelah itu keringkan dengan cara diletakkan di atas handuk bersih.

5. Jangan Gunakan Make Up Terlalu Tebal

make up kulit sensitif (3)Jika hanya untuk kegiatan sehari-hari dan hanya untuk sekedar jalan-jalan biasa, sebaiknya tidak perlu memakai make up yang berlebihan. Selain kurang sedap dipandang, make up yang terlalu tebal juga kurang baik untuk make up kulit sensitif. 

Karena kulit sensitif rentan terhadap kosmetik berlebih meskipun anda sudah menggunakan kosmetik untuk kulit sensitif. Karena kulit anda akan sulit bernafas dan rentan alergi bahan kimia kosmetik. Serta biarkan pori-pori kulit anda beristirahat beberapa hari.

Itulah beberapa tips make up kulit sensitif yang bisa anda lakukan. Dan satu hal lagi yang perlu diingat adalah selalu bersihkan wajah sehabis memakai makeup atau usai beraktivitas. Agar bakteri tidak bersarang di wajah cantik anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015