MAKE UP KULIT BERMINYAK

Make up adalah salah satu penunjang penampilan bagi wanita. Make up kulit berminyak tentu saja memerlukan penanganan tersendiri. Memang kulit berminyak kerap mengganggu penampilan karena akan memberikan kesan berlebih. Masalah lain adalah make up yang anda pakai akan mudah luntur karena minyak.

Akan tetapi hal tersebut jangan pernah dijadikan penghalang bagi anda yang ingin tetap tampil cantik. Karena dengan cara bermake up yang benar, semua hal tersebut dapat teratasi dan anda akan tetap tampil cantik dengan polesan make up.

Berikut ini adalah beberapa tips menggunakan Make up kulit berminyak agar make up yang anda gunakan tahan lama dan bebas kilap.

1. Cuci Muka

make up kulit berminyak (3)Yang pertama kali harus Anda lakukan adalah cuci muka sebelum menggunakan make up. Air mampu membersihkan sisa-sisa kotoran dan kadar minyak dalam kulit wajah. Namun banyak wanita yang terburu-buru melakukan aktivitasnya dan tidak melakukan hal dasar ini sehingga hasil make up kurang memuaskan.

Jadi, saat menggunakan Make up kulit berminyak tanpa mencuci muka terlebih dahulu akan menampilkan hasil make up dengan minyak berlebih. Untuk itu apabila kulit wajah anda termasuk dalam jenis kulit yang berminyak maka cuci muka dengan air bersih terlebih dahulu sebelum ber make up.

2. Bersihkan Wajah

make up kulit berminyak (4)Hal terpenting yang juga harus diingat adalah anda harus rutin membersihkan wajah. Untuk jenis kulit wajah yang berminyak, maka sebaiknya anda memilih bahan pembersih wajah yang mengandung scrub. Pembersih wajah yang mengandung scrub mampu mengurangi kadar minyak dalam kulit wajah anda. Jadi, selain membuat wajah tampak bersih dan lembab membersihkan wajah dengan pembersih yang mengandung scrub juga bisa menyingkirkan minyak yang berlebih dalam kulit wajah. Dan tentu saja hal ini akan mempengaruhi hasil make up yang akan anda peroleh nantinya.

3. Kurangi Kadar Minyak di Wajah

make up kulit berminyak (5)Tips Make up kulit berminyak yang selanjutnya adalah kurangi kadar minyak sebelum menggunakan make up. Anda bisa menggunakan es batu, caranya adalah usapkan es batu pada bagian kulit wajah anda. Es batu berfungsi mengendalikan keringat dan minyak dalam wajah. Tetapi yang perlu anda ingat adalah jangan mengusapkan es batu kekulit wajah yang berminyak dalam waktu yang terlalu lama.

4. Pakai Make Up Primer

make up kulit berminyak (7)Gunakan make up primer untuk membuat make up yang anda pakai tahan lama. Yang harus diutamakan adalah pakai untuk area-area berminyak seperti daerah T, dahi, hidung, serta dagu. Tips make up kulit berminyak ini dilakukan sebelum memakai alas bedak.

5. Hindari Pemakaian Alas Bedak Cair

make up kulit berminyak (1)Sebisa mungkin, hindari alas bedak atau foundation cair. Alas bedak yang cair hanya akan membuat kulit wajah tampak semakin berminyak dan mengkilap. Jadi, pilih alas bedak yang sesuai dan cocok untuk jenis kulit wajah yang berminyak.

Ingat untuk make up kulit berminyak pilihlah make up yang bebas minyak. Gunakanlah make up (khususnya foundation dan blush on) yang bersifat noncomedogenic dan bebas minyak, sehingga tidak akan menyumbat pori-pori saat dipakai. Gunakan juga cleanser dan toner dengan campuran asam glikolat untuk mengurangi kelebihan minyak.

6. Gunakan Bedak Tabur

make up kulit berminyak (2)Setelah foundation, gunakan bedak tabur sebagai cara sederhana make up kulit berminyak. Bedak tabur sangat membantu dan cocok untuk jenis kulit wajah yang berminyak. Bedak tabur ini mampu menyerap minyak dan keringat dalam wajah, sehingga make up tidak akan luntur untuk waktu yang lama.

7. Pakai Make Up Pendukung Lainnya

make up kulit berminyak (6)Selanjutnya adalah memakai make pendukung lainnya seperti lipstik, eye shadow, eyeliner, eyebrow, dan lain sebagainya. Anda bisa menambahkan sentuhan lipstik yang sesuai dengan jenis warna kulit Anda. Warna lipstik tidak akan mempengaruhi jenis kulit dan make up kulit berminyak. Tetapi, lebih baik anda menghindari pemakaian lip gloss yang berlebihan karena jika kulit wajah berminyak ditambah dengan paduan lip gloss yang mengandung minyak akan tampak kurang natural dan kurang rapi.

Selain lipstick, anda juga bisa menambahkan sentuhan pada area mata anda dengan menggunakan eye shadow yang tipis namun bisa mempertajam mata anda. Selain itu untuk menambahkan kesan manis, anda bisa memberikan sentuhan di bagian pipi dengan memulaskan blass on tipis-tipis.

Nah tips make up kulit berminyak lainnya adalah sebagai antisipasi jika minyak di kulit wajah anda berlebih, selalu sediakan kertas minyak di tas anda. Karena kertas minyak dapat membantu anda mengurangi kilap diwajah dengan cepat tanpa haru menghapus make up yang anda gunakan. Selain itu, anda juga dapat memoleskan kembali bedak tabur saat wajah anda sudah mulai mengkilap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons