BAHAYA OBAT KULIT PUTIH MULUS

Sebelum memutuskan untukmemilih sebuah obat untuk memutihkan kulit, sebaiknya pikirkan dulu tentang bahaya obat kulit putih mulus. Karena obat biasanya terbuat dari berbagai bahan kimia. Memang ada bahan kimia yang aman, namun tidak sedikit pula yang berbahaya.

Jika penggunaan yang kurang tepat atau mengandung bahan berbahaya, bukan membuat kulit menjadi putih mulus seperti yang anda inginkan, namun justru akan membuat kulit iritasi bahkan dapat menyebabkan penyakit yang serius seperti kanker kulit.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa jenis dan bahaya obat kulit putih mulus yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat untuk kulit.

1. Suntik Putih

bahaya obat kulit putih mulus (4)Suntik Putih tentu saja dapat menjanjikan kulit putih mulus dengan waktu yang tergolong sangat cepat. Hal ini tentu saja sangat diinginkan oleh banyak wanita di seluruh muka bumi ini. Namun yang perlu diingat adalah bahaya obat kulit putih mulus yang satu ini.

Efek samping suntik putih ini sangat berbahaya. Efek suntik putih yang digunakan secara terus menerus dapat merangsang timbulnya batu empedu. Menimbulkan penipisan tulang, mengganggu siklus menstruasi wanita, pengeroposan mengundang fase menopause tiba lebih awal, menghambat kerja dari vitamin yang lain dan masih banyak lagi dampak berbahaya lainnya.

Menurut dokter kulit, efek vit C pada kesehatan kulit mulai terlihat sesudah prosedur suntik putih ke 5 jadi belum terlihat pada suntikan pertama. Maka sebelum melakukan metode ini sebaiknya anda konsultasi dengan dokter kulit agar bahaya obat kulit putih mulus dapat diketahui lebih dulu.

2. Hidrokuinon

bahaya obat kulit putih mulus (3)Pernah mendengar istilah yang satu ini? Hidrokuinon adalah suatu obat yang dipakai untuk menghilangkan flek atau bleaching oleh dokter. Hidrokuinon sendiri memang efektif untuk memutihkan kulit. Bahkan dalam dua minggu kulit sudah menjadi bersih dan cenderung lebih putih dari kulit dalam. Oleh karena itu, belakangan ini banyak salon dan klinik kecantikan yang menggunakan hidrokuinon.

Namun tahukah anda dengan bahaya obat kulit putih mulus ini. Jika dipakai dalam jangka waktu lama, Hidrokuinon bisa menimbulkan efek samping yang fatal. Bisa jadi ketika baru pertama pakai memang membuat putih bersih. Namun ketika kondisi fisik penggunanya sedang turun atau tengah mengalami keletihan atau demam yang tinggi, efek samping hidrokuinon itu muncul. Muka si pemakai akan menjadi merah, hitam, bahkan biru.

3. Merkuri

bahaya obat kulit putih mulus (1)Merkuri atau air raksa adalah logam yang pada kondisi normal berbentuk cairan warna abu-abu. Bahan kimia ini tidak berbau dan tidak larut dalam air dan alkohol, tapi larut dalam asam nitrat, asam sulfur panas, dan lipid. Dan saat ini banyak produk kecantikan ilegal yang menggunakan merkuri sebagai bahan tambahannya.

Merkuri adalah bahan aktif yang berdampak dalam pengelupasan epidermis kulit. Namun dalam jangka panjang, bahaya obat kulit putih mulus dari penggunaan merkuri dapat menyebabkan rusaknya fungsi ginjal, sistem saraf, dan timbul masalah psikologis. Tak hanya itu, kelainan fungsi otak pada janin dari ibu pengguna pemutih berbahan merkuri juga dapat ditimbulkan.

4. Steroid

bahaya obat kulit putih mulus (1)Steroid juga kadang disebut corticosteroid. Bahan ini adalah bahan yang biasanya digunakan untuk mengurangi peradangan, contohnya pada kulit yang memerah dan gatal-gatal. Dan ternyata, bahaya obat kulit putih mulus yang satu ini Jika dikonsumsi dalam kadar tinggi atau secara berkelanjutan, dapat menyebabkan katarak dan pelemahan tulang.

Efek samping dari pemakaian steroid yang lain adalah penipisan pada lapisan kulit. Jika kulit terlalu tipis, maka akan lebih mudah tergores atau terluka. Steroid yang dioleskan pada kulit dapat terserap oleh tubuh lalu masuk ke dalam pembuluh darah. Efek samping lainnya adalah telangiektasis yaitu pembuluh darah kapiler nampak pada permukaan kulit akibat tipisnya lapisan kulit. Menimbulkan jerawat dan dapat memperlambat penyembuhan luka.

5. Rhododenol

bahaya obat kulit putih mulus (2)Bahaya obat kulit putih mulus berikutnya adalah Rhododenol. Rhododenol adalah bahan kimia alami dari kulit pohon birch putih yang mengurangi produksi melanin. Sebenarnya bahan ini sempat disahkan oleh badan kesehatan Jepang dan bahkan digunakan dalam beberapa produk perusahaan kosmetik terkemuka di Jepang. Namun bahan ini juga telah dicabut oleh pemerintah Jepang karena telah terbukti berdampak buruk pada kesehatan.

Produk-produk yang mengandung rhododenol  juga sempat dijual di Indonesia. Dan akhirnya ditarik dari pasaran sejak bulan Juli 2013 lalu. Penarikan ini dilatarbelakangi laporan sejumlah konsumen yang mengeluh mengalami depigmentasi atau bercak-bercak putih pada kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015 Frontier Theme