KERETA API LINTAS KALIMANTAN AKHIRNYA TERBANGUN DI ERA JOKOWI

Sejarah akhirnya tercipta, kereta api lintas kalimantan akhirnya dibangun di era Jokowi.
Groundbreaking dilakukan oleh Presiden Jokowi kemarin (19/11). Pembangungan Kereta Api Lintas Kalimantan ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MoU antara Pemprov Kaltim dengan JSC Russian Railways.

Nantinya kereta api ini akan dimanfaatkan sebagai sarana angkutan untuk komoditas sumber daya alam (SDA) seperti kelapa sawit, batubara dan komoditas lainnya di wilayah Kalimantan, dan pada pengembangan lanjutan nantinya akan dimanfaatkan sebagai alat angkut manusia (kereta penumpang).

kereta api kalimantan 2 (2)

Pembangunan rel kereta api PT Kereta Api Borneo (KAB) adalah hasil kerja sama antara Pemerintah Provinsi Kaltim dengan JSC Russian Railways. Proyek sistem kereta api (KA) ini menggandeng perusahaan asal Rusia yang akan melintasi Kawasan Kaltim dan Kalimantan Tengah. Selain untuk memudahkan pengiriman dan Transportasi, pembangunan rel juga diharapkan membuka lapangan pekerjaan untuk puluhan ribu warga.

Sebenarnya perencanaan pembangunan rel ini sudah diancang-ancang sejak tahun 2012 lalu pada masa pemerintahan SBY, namun baru bisa terlaksana pada pemerintahan Jokowi.

kereta api kalimantan 2 (1)

Pembangunan sendiri dikatakan tidak akan melalui hutan lindung maupun hutan konservasi di Kalimantan. Pekerjaan rel kereta ini akan membuka sebanyak 2.500 lapangan pekerjaan bagi masyarakat lokal Kalimantan dan 8.000 pekerja dari seluruh Indonesia. Tidak hanya membangun rel, Rusia juga akan menyediakan lokomotif beserta gerbong dan melaksanakan seluruh operasi pengangkutan.

“Ada tiga prinsip proyek ini, pertama adalah teknologi baru bagi pengembangan infrastruktur daerah, kedua, inovasi mencari cara baru dalam menekan ongkos distribusi dan ketiga, faktor sosial dan lingkungan tidak dilupakan,” kata Denis Muratov, perwakilan dari perusahaan JSC Russian Railways.

Baca Juga:

kereta api kalimantan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015