HABISLAH FREEPORT, KONTRAK TIDAK DIPERPANJANG, RI SIAPKAN PERUSAHAAN NASIONAL

Habis sudah nasib Freeport. Jokowi sudah siapkan perusahaan nasional sebagai pengganti

Masih mengenai Freeport. Luhut Panjaitan mengatakan dikantornya bahwa: “Presiden selalu katakan, smelter harus jadi, local content harus ada, divestasi harus ada dan pemberdayaan masyarakat harus jalan,” Kamis (19/11)

FREEPORT

Luhut Panjaitan yang saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Hukum dan HAM mengatakan bahwa Freeport mau tidak mau harus tunduk dan patuh dengan aturan dan peraturan perundangan yang ditetapkan oleh Indonesia dan harus siap menjalankan apa yang diminta oleh Pemerintah Indonesia. Apa saja itu? Smelter, local content dan divestasi saham.

Tak dapat dipungkiri memang, sejak berpuluh tahun yang lalu Freeport menyedot habis sumber daya alama di Indonesia, namun apa yang mau dikata, hanya sedikit sekali mungkin tidak mencapai 10% masuk ke kas negara, benar-benar tidak sepadan dengan pengorbanan rakyat Papua dan Indonesia.

Jika Freeport masih belum juga menyiapkan apa yang menjadi syarat dari Indonesia, maka bersiap saja di tahun 2021 pemerintah akan mengambil langsung tambang emas Grasberg yang selama ini dikelola oleh PT. Freeport.

Presiden Jokowi pun tak ambil pusing mengenai Freeport, bahkan Luhut memberikan usulan sebagai berikut seperti yang dikutip dari liputan6:
“Kami malah mengusulkan kita buat Freeport seperti Mahakam, jadi milik negara dan (Mahakam) dikelola Pertamina ‎cari rekan siapa saja,” kata Luhut di Jakarta, Kamis (19/11/2015).

Nanti akan ada banyak PT yang berasal dari Indonesia yang bergerak di sektor tambang yang akan mengelola secara langsung tambang bekas Freeport tersebut.

“Sikap Presiden jelas, Presiden tidak pernah memperpanjang Freeport sebelum 2019 karena bertentang dengan Undang-undang, dan PP 77 perpanjangan bisa dilakukan 2 tahun sebelum habis,” tutup Luhut.

Baca Juga:

3 Comments

Add a Comment
  1. Ahh.telatttt….. Uda abis baru berkoar…

  2. Kebakaran jenggot…..

    1. Gunawan hadi sasongko

      Good job..,era pak jokowi,minimal ada gebrakan dan secara gk langsung ladang para pencuri uang negara di hancurkan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015 Frontier Theme