PENYEBARAN AIDS LEWAT ALAT CUKUR RAMBUT

Keresahaan masyrakat tentang penyebaran penyakit HIV/AIDS di kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, yang pada saat ini tercatat ada 30 Jiwa. Jumlah ini terus meningkat  dari tahun ke tahun sebelumnya.

Dari catatan 2012, sekitar 13 orang yang sudah terjangkit kemudian bertambah lagi pada tahun 2013 menjadi 22 orang dan ditahun 2014 tetap 22 orang kemudian bertambah 30 orang untuk saat ini.

Menurut Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Pamekasan Rusdi Saleh mengatakan, Menjadi salah satu faktor yang membuat kasus ini menjadi meningkat adalah penggunaan benda tajam seperti alat cukur rambut yang tak steril. Merupakan salah satu pemicu penyebaran penyakit HIV/AIDS.

” Kalau dulu mungkin karena perilaku nakal (seks bebas), tapi sekarang bisa karena penggunaan benda tajam”, Ujarnya

Jadi Dinas Kesehatan harus bergerak cepat dengan cara mensosialisasikan serta pencegahan akan penyakit berbahaya AIDS di daerah pamekasan mereka juga melakukan arahan kepada tukang cukur rambut agar menggunakan silet sekali pakai, serta meminta petugas kesehatan menggunakan jarum suntik sekali pakai.

” kami harap kedepan, angka penderita HIV bisa ditekan dengan prilaku hidup sehat dan meminimalkan penggunaan benda tajam,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015 Frontier Theme