MAKANAN KHAS NUSANTARA DAN CARA MEMBUATNYA

Sobat kuliner hari ini kami akan membagikan informasi tentang Makanan Khas Nusantara Dan Cara Membuatnya. Jika Anda pecinta masakan dari berbagai nusantara tentu Anda akan mencari-cari berbagai masakan tersebut baik kedaerahnya langsung atau mencari tempat penjualan makanan tersebut di Kota Anda. Namun pernahkah Anda berpikir untuk langsung membuatnya sendiri.

Jika Anda berpikir untuk mencoba masakan dari tangan Anda sendiri maka kali ini kami akan membagikan 3 Makanan Khas Nusantara Dan Cara Membuatnya. 3 Resep yang kami informasikan ini mungkin sebagian orang sudah pernah memasak dan memakannya namun tidak salahnya kami bagikan lagi informasi ini kepada kalian yang belum pernah mencoba membuatnya sendiri.

Tidak hanya mengetahui cara membuatnya saja kalian juga akan mengetahui dari mana asal masakan atau makanan yang akan kami informasikan ini. Jika kalian orang Sumatera mungkin Anda belum mencoba masakan dari pulau Jawa atau kalian orang Kalimantan belum pernah mencoba memakan masakan Papua nah setidaknya ada 3 masakan dibawah ini yang akan kalian ketahui asal dan cara membuatnya juga.

Langsung saja yuk kita intip informasi tentang Makanan Khas Nusantara Dan Cara Membuatnya dibawah ini, sebelumnya Anda bisa menyiapkan alat tulis untuk mencatat resep yang akan kami berikan.

1. Pindang Ikan Patin Khas PalembangMAKANAN KHAS NUSANTARA DAN CARA MEMBUATNYA (1)Makanan Khas Nusantara Dan Cara Membuatnya yang pertama adalah Pindang Ikan Patin Khas Palembang. Selain Pempek makanan khas dari Palembang yang dikenal adalah pindangnya. Anda tahu Pindang?. Ya Pindang adalah sejenis masakan berkuah yang bahan utamanya adalah Ikan atau bisa juga daging atau ayam, namun Pindang lebih dikenal dengan bahan ikan. Nah Ikan yang paling sering dipindang adalah Ikan Patin. Berikut adalah bahan dan bumbu-bumbu yang dibutuhkan dalam membuat pindang ikan patin beserta panduan cara memasaknya.  Bahannya adalah 1 kg ikan patin segar, bersihkan, potong-potong sesuai selera, lalu 1 sdm air jeruk nipis, 10 butir bawang merah, iris, 3 siung bawang putih,iris, 3 batang serai, memarkan, 2 buah cabai merah, iris. 10 cabai rawit utuh, 2 batang daun bawang, iris. 10 cm kunyit, iris, 1 cm jahe, iris, 1 cm lengkuas, iris, ½ buah nanas, potong serasi, 1 ikat daun kemangi, 10 buah cung kediro/tomat ceri atau 5 buah tomat hijau, belah 4, 1 sdt gula pasir, garam secukupnya dan terakhir 750 ml air.

CARA MEMBUAT PINDANG IKAN PATIN KHAS PALEMBANG :

  1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis, diamkan selama 15 menit lalu cuci kembali.
  2. Didihkan air, masukkan semua bumbu kecuali tomat ceri, daun bawang dan kemangi. Sesuaikan rasanya lalu masukkan ikan, tomat ceri dan daun bawang.
  3. Masak hingga mendidih lalu masukkan daun kemangi, rebus hingga kemangi agak layu. Angkat dan sajikan.

2. Soto Banjar Khas KalimantanMAKANAN KHAS NUSANTARA DAN CARA MEMBUATNYA (3)Makanan Khas Nusantara Dan Cara Membuatnya yang kedua adalah Soto Banjar dari Kalimantan. Soto memang banyak macam dan hampir setiap daerah di Indonesia ada ciri khas Soto sendiri namun kali ini kami akan membagikan resep membuat Soto Banjar yang tak kalah lezat. Bahan yang dibutuhkan adalah 1 ekor ayam, potong 4 bagian, 3 liter Air, 15 siung bawang merah, 7 siung bawang putih, 3 butir kemiri, 2 ruas jari jahe, 5 butir kapulaga, 1/2 butir pala, 5 butir cengkeh, 3 lembar daun jeruk purut, 2 batang serai, 3 butir bunga lawang, 1 batang kayu manis, 3 lembar daun salam.

CARA MEMBUAT SOTO BANJAR KALIMANTAN :

  • haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, dan merica, tumis bersama daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas
  •  Goreng ayam hingga keemasan lalu suir-suir lalu tata dalam mangkuk potongan ketupat, sohun, lalu ayam suwir potongan telur rebus dan seledri, siram kuah soto, taburi bawang goreng, sajikan dengan sambal, dan jeruk nipis.
3. Bubur Khas ManadoMAKANAN KHAS NUSANTARA DAN CARA MEMBUATNYA (2)Makanan Khas Nusantara Dan Cara Membuatnya yang terakhir kami informasikan adalah Bubur Khas Manado. Ehmm siapa yang tidak tahu bubur dari bahan utama  jagung dan sayur-sayur ini. Semua orang sudah mengenal makanan lezat dan sehat ini. Nah jika Anda belum pernah mencobanya yuk cobain untuk membuatnya dengan resep berikut. Siapkan terlebih dahulu bahannya seperti 1/2 gelas Beras, 1 liter Air, 2 batang Serai, 1 buahJagung manis, 1 ikat Kangkung, 1 ikat Bayam, 1 genggam Kemangi, 200 gram Labu kuning.  Bahan sambal: 10 buah Cabai keriting, 6 buah Cabai rawit, 4 siung Bawang merah, 2 siung Bawang putih, 1 buah Tomat, 1/2 bungkus Terasi Finna, bakar terlebih dahulu garam gula Bahan Pelengkap: Ikan asin

CARA MEMBUAT BUBUR MANADO :

Panaskan air hingga mendidih, masukkan beras dan serai. Lalu masak hingga menjadi seperti bubur. Sembari diaduk sesekali. Perhatikan jumlah airnya, kalau kurang tambahkan air sampai konsistensi seperti bubur. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Cicipi sebelum ditambahkan sayuran lainnya. Saya masaknya sekitar 45 menit untuk dapat tekstur bubur manado seperti masakan ibu saya.

Kalau tidak mau lama menunggu, bisa masak di rice cooker untuk buburnya. Lalu di blender atau tumbuk halus nasi, tambahkan air lalu masak hingga mendidih.

 

Gimana para pecinta kuliner sudah bertambah ilmu dan pengetahuan Anda tentang Makanan Khas Nusantara Dan Cara Membuatnya. Semoga artikelnya bermanfaat.

 

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*