MAKANAN KHAS NUSANTARA INDONESIA

Makanan Khas Nusantara Indonesia yang akan kami bagikan kepada Anda pada kesempatan kali inilah adalah 5 Menu yang memang asli Indonesia. Dan Saya yakin dari kelima makanan tersebut sudah pernah Anda makan baik dari satu, dua bahkan kelimanya sudah pernah Anda masukkan kedalam perut Anda.

Cinta Indonesia tentu Anda juga cinta dengan Makanan Khas Nusantara Indonesia donk? Apalagi kelima makanan jenis masakan atau makanan dibawah ini memang sudah terkenal kelezatannya baik di seluruh tanah air bahkan dunia.

Makanan Khas Nusantara Indonesia kaya akan bumbu, hampir semua bumbu tercampur dalam sebuah masakan oleh karena itulah makanan tersebut punya cita rasa yang luar biasa, asin, pedas, manis, asem semua rasanya jadi satu.

Nah langsung saja yuk tanpa berlama-lama lagi kita simak informasi tentang 5 Makanan Khas Nusantara Indonesia yang memang betul-betul makanan asli dari Indonesia dan terkenal memiliki cita rasa yang menggoda.

1. BaksoMAKANAN KHAS NUSANTARA INDONESIA (4)Makanan Khas Nusantara Indonesia yang pertama kami tulis adalah BaksoBakso adalah salah satu menu yang akan menggoyang lidah JBers ketika mencicipinya. Walaupun di negara-negara lain pun ada menu bakso yang terkenal dengan sebutan meatball, namun cara penyajiannya tentu saja berbeda-beda. Bakso yang hanya ada di Indonesia adalah bakso Malang dan bakso bakar. Siapa yang tidak kenal dengan bakso Malang? Bakso Malang ini disajikan dengan kuah kaldu panas, bisa disertai dengan mie atau bihun, pangsit, gorengan, dan sayur yang juga disediakan beragam, mulai dari kol, sawi, atau selada. Selain bakso Malang, bakso  bakar juga merupakan salah satu makanan khas kota Malang. Bakso bakar ini diolah dengan cara dibakar di atas arang dan disiram bumbu spesial.

2. PempekMAKANAN KHAS NUSANTARA INDONESIA (5)Pempek juga merupakan Makanan Khas Nusantara Indonesia atau menu khas dari Kota Palembang. Pempek dibuat dari bahan dasar ikan yang diolah dengan tepung dengan aneka bentuk unik. Ada yang disebut kapal selam, lenjer, dan lainnya. Biasanya pempek ini akan disantap dengan kuah encer yang terbuat dari bawang putih, cabe rawit dan gula yang dihasilkan lalu disebut cuka atau cuko dalam bahasa Palembang. Selain itu, ada tambahan mie dan acar di dalamnya. Saat disantap, lidah Anda akan betul-betul dimanja karena ada rasa gurih, manis, asam dan asin sekaligus.

3. GorenganMAKANAN KHAS NUSANTARA INDONESIA (2)Kalau soal gorengan, hampir di seluruh wilayah di Indonesia punya gorengan. Gorengan merupakan Makanan Khas Nusantara Indonesia hingga saat ini. Gorengan tersebut berupa penganan yang dijadikan cemilan yang terbuat dari bahan utama tepung dan dikreasikan dengan bahan-bahan lain seperti bahan tempe yang disebut mendoan atau tempe menjes khas Purwokerto. Lalu ada juga pisang molen khas Bandung, pisang goreng, ketela goreng, heci atau bakwan sayur, cireng, tahu isi dan lain sebagainya. Cara menikmati gorengan hangat ini pun beragam. Ada yang menggunakan sambal merah, ada pula yang menggunakan cabai hijau, cabai rawit/cengek, sambal petis dan bagi warga Palembang mereka menyantapnya dengan cuka/cuko teman makan pempek.

4. Gado-gadoMAKANAN KHAS NUSANTARA INDONESIA (1)Makanan Khas Nusantara Indonesia yang selanjutnya adalah Gado-gado. Gado-gado yang berisi campuran potongan sayuran seperti selada, wortel, kentang, jagung, bayam mentimun, tomat dan taoge ini disebut Javanese Salad (Salad Jawa) oleh orang luar negeri. Mungkin karena isinya yang terdiri dari berbagai macam sayuran. Selain sayuran, gado-gado juga bisa dicampur dengan potongan lontong, tempe dan tahu. Bila salad versi barat disertai dengan bumbu mayonaise, gado-gado khas Jakarta ini disiram dengan bumbu kacang dan disajikan dengan kerupuk.

5. Nasi GorengMAKANAN KHAS NUSANTARA INDONESIA (3)Menu yang satu ini mungkin ada di beberapa negara lain. Lantas apa specialnya? Bila nasi goreng adalah menu yang umumnya ada di restoran, tapi Indonesia nasi goreng bisa dimasak sendiri dirumah dengan kreasi sendiri dan setidaknya nasi goreng ini menjadi penyelamat bagi mereka yang sedang masa kritis di tanggal tua belum gajian karena bahan nasi goreng ini juga sederhana hanya saja bisa dibuat lebih nikmat dengan tambahan bahan lainnya. Nasi goreng sudah ditetapkan sebagai Makanan Khas Nusantara Indonesia  yang terkenal akan kelezatannya.

Nah sob mungkin itu saja ya informasi tentang 5 Makanan Khas Nusantara Indonesia yang sudah lumrah kita temui dan kita santap bahkan ada yang menyantap untuk sehari-hari karena ketagihan akan rasanya yang lezat.

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*