MAKANAN KHAS NUSANTARA DAN GAMBARNYA

Jika Anda ingin mengenal Makanan Khas Nusantara Dan Gambarnya maka kali ini Anda akan mendapatkan informasinya di artikel kami ini. Ya memang masakan nusantara adalah sebuah cermin dari ragam budaya serta tradisi yang dimiliki oleh masyarakat di wilayah di seluruh Indonesia. Hal yang menjadikannya berbeda dengan hasil masakan lainnya adalah bumbu yang sedikit lebih banyak dibandingkan dari negara lain.

Tentu kenikmatannya juga akan membuat lidah serasa dimanjakan setiap saat. Maka dari itu, para pecinta dan pencipta kuliner modern terus bersaing menciptakan resep Makanan Khas Nusantara Dan Gambarnya yang dapat terlihat menarik untuk dicicipi atau disantap.

Faktanya, rasa lezat yang disajikan di setiap masakan dipengaruhi oleh 3 faktor penting, yakni bahan, takaran bumbu yang pas dan cara memasaknya. Langkah dan tahapan memasak pada tiap daerah umumnya berbeda dan hal itulah yang menghasilkan citarasa beragam.

Nah jika sobat penasaran untuk mengetahui beberapa dari Makanan Khas Nusantara Dan Gambarnya, langsung saja yuk diintip saja informasinya dibawah ini. Jangan pada ngiler ya, kalau ngiler berarti sobat harus mencoba memasaknya.hehe

1. Sambal Jengkol BaladoMakanan Khas Nusantara Dan Gambarnya (5)Makanan Khas Nusantara Dan Gambarnya yang pertama akan bagikan adalah sambal jengkol balado. Jengkol merupakan makanan tradisional yang memiliki tempat khusus di hati masyarakat, terutama daerah Betawi. Selain dibuat sebagai lalapan, Jengkol sendiri juga bisa dimasak dengan bumbu bermacam-macam. Jengkol bisa dibuat masakan yang memiliki variasi rasa, contohnya seperti rendang jengkol, keripik pedas jengkol dan satu lagi dijadikan kreasi sambal jengkol balado seperti gambar diatas.

2. Ikan PepesMakanan Khas Nusantara Dan Gambarnya (4)Makanan Khas Nusantara Dan Gambarnya yang kami bagikan kedua adalah makanan untuk dijadikan lauk yaitu Pepes atau Pais. Pepes merupakan suatu cara khas dari Jawa Barat dan juga orang-orang Sumatera untuk mengolah bahan makanan (biasanya untuk ikan) dengan bantuan daun pisang untuk membungkus ikan beserta bumbunya. Cara membuatnya adalah bumbu dan rempah dihaluskan dan ditambah daun kemangi, tomat, dan cabai dibalur/dibalut bersama ikan mas yang sudah dibersihkan. Semua lalu dibungkus dengan daun pisang dan disemat dengan 2 buah bambu kecil di setiap ujungnya. Bungkusan ini lalu dibakar (dipepes) di atas api atau bara api dari arang sampai mengering.

3. Gulai BelacanMakanan Khas Nusantara Dan Gambarnya (2)Gulai Belacan Khas Riau merupakan makanan yang terbuat dari bahan udang besar dengan perpaduan rempah-rempah pilihan khas kota Riau yang sangat spesial sehingga ketika anda mencicipi kuliner yang satu ini tentunya akan menggoyang lidah anda semuanya untuk terus mencicipi kuliner Makanan Khas Nusantara Dan Gambarnya juga telah menggoda setiap orang yang melihatnya. Untuk anda yang di rumah yang belum pernah mencicipi kuliner khas Riau yang satu ini jangan khawatir jika anda tidak sanggup untuk datang langsung ke Riau, karena resep kuliner Sumatera akan selalu setia berbagi resep.

4. Plecing KangkungMakanan Khas Nusantara Dan Gambarnya (1)

Plecing kangkung adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Lombok dan Bali. Plecing kangkung terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar dengan sambal tomat, yang dibuat dari Cabai rawit, garam, terasi dan tomat, dan kadangkala diberi tetesan jeruk limau. sebagai pendamping Ayam taliwang, plecing kangkung biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti taoge, kacang panjang, kacang tanah goreng, ataupun urap.

Kangkung yang digunakan untuk masakan ini juga sangat khas, tidak seperti tanaman kangkung sayur yang misalnya lazim di Pulau Jawa, tetapi berupa kangkung air yang biasanya ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu, yang menghasilkan kangkung dengan batangan besar yang renyah.

5. Ayam TaliwangMakanan Khas Nusantara Dan Gambarnya (3)Makanan Khas Nusantara Dan Gambarnya yang terakhir kami informasikan adalah Ayam Taliwang yang merupakan makanan khas Taliwang, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat yang berbahan dasar daging ayam. Daging ayam tersebut dibakar dengan bumbu cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah, dan garam. Makanan ini biasanya disajikan bersama makanan khas Lombok yang lain, misalnya plecing kangkung.

Gimana Sob setelah mengetahui dan melihat Makanan Khas Nusantara Dan Gambarnya yang bikin ngiler, berminat mencicipinya? Atau artikel ini telah menginspirasi Anda untuk memiliki usaha dengan menu dari kelima masakan diatas? Silahkan mencoba..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons