MAKANAN KHAS NUSANTARA DAN ASALNYA

Makanan Khas Nusantara Dan Asalnya memang sudah menjadi buah bibir orang sekarang ini. Orang yang menyantap makanan tentu tidak ingin merasakan kelezatannya saja tetapi mereka juga akan mengenal asalnya juga. Tidak hanya dalam negeri tetapi orang diluar negeri pun ingin menikmati kenikmatan makanan nusantara kita.

Nah pada bahasan kami kali ini kami akan membagikan 8 Makanan Khas Nusantara Dan Asalnya yang sudah sangat lumrah dikenal masyarakat dari bentuk, rasa, dan dari mana asalnya. Namun mungkin sebagian orang banyak juga yang belum tahu dari mana asal makanan itu sebenarnya.

8 Makanan Khas Nusantara Dan Asalnya  yang akan kami bagikan kali ini adalah makanan yang khas dijadikan teman makan nasi atau untuk lauk seperti Rendang, Pindang, Sayur Asem, Sayur Lodeh, Pecel, Betutu, Gulai dan Soto.

Nah makanan nusantara yang kami sebutkan diatas akan kami jelaskan lebih detail tentang bahan, cara membuat dan tentu asalnya. Langsung saja yuk kita intip informasinya mungkin bisa untuk menambah wawasan kita tentang Makanan Khas Nusantara Dan Asalnya.

1. SotoMakanan Khas Nusantara Dan Asalnya  (7)Makanan Khas Nusantara Dan Asalnya yang pertama kita bahas adalah tentang Soto. Soto memang banyak dikenal ragam rasa dan asalnya misalnya ada soto lamongan, soto madura, soto kudus, soto semarang, soto bandung, dll namun Menurut Dennys Lombard, dalam bukunya Nusa Jawa: Silang Budaya, asal mula Soto sebenarnya adalah makanan Cina bernama Caudo, pertama kali populer di wilayah Semarang. Dari Caudo lambat laun menjadi Soto, orang Makassar menyebutnya Coto, dan orang Pekalongan menyebutnya Tauto bahkan beberapa tempat ada yang menyebutnya Sauto. Soto juga merupakan campuran dari berbagai tradisi, baik dari tradisi cina maupun tradisi lokal yang mana bumbu dari soto tersebut di sesuaikan dengan lidah orang indonesia sehingga soto masih menjadi primadona makanan sampai sekarang. Isi dari soto identik dengan mie atau soun, daging ayam / daging sapi / daging kerbau, menggunakan perasan jeruk limau, bawang goreng, koya.

2. GulaiMakanan Khas Nusantara Dan Asalnya  (5)Gulai adalah salah satu jenis hidangan yang tersebar luas di Nusantara, terutama di Sumatera dan Jawa serta Semenanjung Malaya. Hidangan ini berasal dari Sumatera sebagai hasil pengaruh dan penerapan seni memasak India yang kaya akan rempah dan bumbu seperti kari. Gulai adalah salah satu bumbu hidangan dasar yang paling dikenal dalam Masakan Minangkabau, kuah gulai yang berwarna kuning ini menjadi bumbu dan memberikan citarasa bagi berbagai macam hidangan yang disajikan di rumah makan Padang. Kuah atau bumbu gulai biasanya kental dalam hidangan Minangkabau, Melayu, dan Aceh, akan tetapi di Jawa kuah gulai lebih cair menjadi semacam sup yang dihidangkan panas-panas yang berisi daging atau jeroan kambing.

3. BetutuMakanan Khas Nusantara Dan Asalnya  (2)Makanan Khas Nusantara Dan Asalnya yang selanjutnya adalah makanan betutu. Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam. Betutu ini telah dikenal di seluruh kabupaten di Bali. Salah satu produsen betutu adalah desa Melinggih, kecamatam payangan kabupaten Gianyar. Ayam betutu juga merupakan makanan khas Gilimanuk. Betutu digunakan sebagai sajian pada upacara keagamaan dan upacara adat serta sebagai hidangan dan di jual. Konsumennya tidak hanya masyarakat Bali tapi juga tamu manca negara yang datang ke Bali, khususnya pada tempat-tempat tertentu seperti di hotel dan rumah makan atau restoran. Betutu tidak tahan disimpan lama.

4. PecelMakanan Khas Nusantara Dan Asalnya  (4)Pecel adalah makanan yang menggunakan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya yang dicampur dengan aneka jenis sayuran. Asal kata dan daerah pecel belum diketahui secara pasti, tetapi dalam bahasa Jawa, pecel dapat diartikan sebagai ‘tumbuk’ atau ‘dihancurkan dengan cara ditumbuk’. Pecel diperkirakan berasal dari Ponorogo, Jawa Timur, karena bumbu sambal kacang yang digunakan dalam campuran pecel mirip dengan yang digunakan sebagai bumbu sate Ponorogo. Makanan ini juga mirip dengan gado-gado yang dibedakan dengan campuran bahan dan tekstur bumbunya. Pecel bisa di jadikan sebagai lauk dan juga bisa dimakan langsung.

5. Sayur LodehMakanan Khas Nusantara Dan Asalnya  (8)Sayur lodeh mempunyai berbagai macam variasi terutama pada bumbunya, ada yang santannya berwarna putih dan ada juga yang santannya berwarna merah. Bahan-bahan yang sering digunakan adalah labu jipang, kacang panjang, terung, petai, tempe, cabai, jagung kecil dan santan. Resep masakan yang enak dan gurih ini sangat menyegarkan dan cocok jika dipadukan dengan telur asin dan ikan tongkol. Dan biasanya dihidangkan bersama dengan sambal. Masakan ini menyerupai kari, tetapi masakan ini menggunakan sayur-sayuran daripada menggunakan makanan laut. Namun untuk asalnya masih banyak versi pendapat namun banyak yang menganggap bahwa ini makanan khas betawi.

6. Sayur AsemMakanan Khas Nusantara Dan Asalnya  (6)Makanan Khas Nusantara Dan Asalnya yang kami beri tahukan selanjutnya adalah tentang sayur asem. Sayur Asem adalah masakan sejenis sayur yang khas Indonesia. Bahan-bahan yang sering digunakan adalah kacang tanah, nangka muda, melinjo, belimbing sayur, labu siam, kacang panjang, dan asam jawa. Sering juga digunakan jagung dalam masakan ini. Masakan ini masih menyerupai tom yam, yang merupakan masakan Thailand, walau sayur asam lebih menggunakan sayur-sayuran daripada makanan laut. Dan Sayur Asem juga dikenal merupakan masakan dari Jakarta yang terbukti dari salah satu lagu berirama gambang kromong yang dipopulerkan oleh Lilis Suryani.

7. PindangMakanan Khas Nusantara Dan Asalnya  (1)Pindang adalah makanan khas yang dikenal didaratan Sumatera terutama Sumatera Selatan atau Palembang. Masakan Pindang ini merupakan masakan berkuah yang bahan utamanya merupakan ikan sungai. Pindang sendiri sudah banyak variasi di Sumatera selatan sendiri telah memiliki jenis masakan pindang seperti Pindang Ikan Patin, Pindang Pegagan, Pindang Meranjat, Pindang Musi Rawas dan Pindang Tempoyak. Tidak hanya Ikan kini pindang juga sudah berkembang dengan bahan daging sapi namun tidak semuanya dari daging melainkan terdapat juga tulang yang menempel sedikit-sedikit daging, nah masakan ini pun diberi nama Pindang Tulang. Pindang juga dikenal makanan khas Jambi namun untuk asalnya lebih condong ke Palembang atau Sumatera Selatan.

8. RendangMakanan Khas Nusantara Dan Asalnya  (3)Makanan Khas Nusantara Dan Asalnya yang terakhir kami kabarkan adalah Rendang atau randang. Rendang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga kering dan berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna coklat terang keemasan.

Rendang dapat ditemukan di Rumah Makan Padang di seluruh dunia. Masakan ini populer di kalangan masyarakat Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, dan Thailand. Di daerah asalnya, Minangkabau Padang, Sumatera Barat, Indonesia, rendang disajikan dalam berbagai upacara adat dan perhelatan istimewa. Meskipun rendang merupakan masakan tradisional Minangkabau secara umum, masing-masing daerah di Minangkabau memiliki teknik memasak dan penggunaan bumbu yang berbeda.

Pada tahun 2011, rendang dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) yang digelar oleh CNN International.

Ehmm pada ngiler ya yuk dicobain untuk dijadikan resep makanan Anda hari ini. Nah mungkin itu saja ya informasi tentang Makanan Khas Nusantara Dan Asalnya yang wajib kalian ketahui sebagai masyarakat Indonesia. Semoga Informasinya bermanfaat mohon kalau ada salah informasi dalam tulisan kami kali ini.

2 Comments

Add a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015