TERENDAH SEJAK KRISIS 1998, NILAI TUKAR RUPIAH MAKIN MEMPRIHATINKAN

tukar-rupiah-4okBagaimana nasib nilai tukar rupiah yang kondisinya semakin memprihatinkan saja. Apakah akan semakin ambruk atau kondisinya akan kembali baik?. Namun data terakhir Kemarin, Rupiah ambruk ke level Rp 13.600 per USD atau terendah sejak krisis 1998.

Head of Research NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada melihat, awan gelap masih menyelimuti pergerakan Rupiah. “Harapan kami akan terbatasnya pelemahan Rupiah tidak terjadi,” ujar Reza melalui riset hariannya, Rabu (12/8).

Rupiah terlibas dengan kembali menguatnya nilai tukar dolar Amerika Serikat. Satu-satunya mata uang diharapkan bisa melawan dominasi USD adalah Yuan. Sayangnya, pergerakannya saat ini cenderung melemah seiring dengan langkah PBoC mendevaluasi Yuan atau dengan kata lain laju Yuan sengaja dilemahkan untuk kebutuhan ekspor China.

Kini, tidak ada lagi mata uang yang sanggup menandingi kedigdayaan USD. Kondisi ini membuat nilai tukar mata uang negara berkembang, termasuk Rupiah, terpukul.

Reza belum terlihat adanya sentimen positif untuk membalikkan laju Rupiah ke zona hijau. Namun, semua pihak diyakini berharap pelemahan yang terjadi dapat lebih terbatas dan Rupiah tak semakin terpuruk.

Laju Rupiah menuju target support 13.542. Dengan masih adanya tren pelemahan membuat peluang Rupiah untuk berbalik positif menjadi terhalangi.

“Kami masih berharap diberikan kesempatan sekali lagi agar pelemahan yang terjadi dapat lebih terbatas untuk mengurangi potensi pelemahan lanjutan Rupiah Rp 13.555-13.537 (kurs tengah BI),” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015