TERSANGKA SUAP HAKIM PTUN MEDAN OC KALIGIS RESMI DITAHAN KPK

oc kaligis tersangkaAkhirnya pengacara kondang OC Kaligis resmi di tahan KPK. Setelah menjalani pemeriksaan selama berjam-jam, akhirnya  OC Kaligis keluar dari Gedung KPK mengenakan rompi oranye tahanan KPK.OC Kaligis resmi ditahan penyidik KPK Selasa (14/7/2015) malam.

Sempat terjadi adu mulut antara staf dari firma hukum OC Kaligis dengan para wartawan dan pewarta foto yang ingin mengabadikan gambar ketika OC Kaligis keluar dari KPK. OC Kaligis keluar dengan pengawalan ketat sebelum masuk ke mobil tahanan yang terparkir di depan Gedung KPK. Situasi di lokasi sangat tidak kondusif.

Sebelumnya, (OC) Kaligis akhirnya ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus dugaan suap terhadap sejumlah hakim PTUN Medan. Namun, KPK masih belum menyebutkan peran OC Kaligis dalam kasus itu.

“Ada dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh OCK [OC Kaligis],” kata Plt. Pimpinan KPK Johan Budi dalam konferensi pers di Gedung KPK Jakarta, Selasa (14/7/2015) petang.

Menurut Johan Budi, OC Kaligis diduga melanggar pasal 6 ayat 1 huruf a, pasal 5 ayat 1 hurut a/b, dan pasal 13 UU Tipikor jo pasal 64 ayat 1 jo pasal 55 ayat 1 KUHP. Namun belum ada penjelasan peran OC Kaligis dalam kasus korupsi itu.

Sehari sebelumnya, OC Kaligis mangkir dalam pemanggilamn pertama. Pemanggilan itu dalam rangka pemeriksaannya sebagai saksi untuk anak buahnya sendiri, yaitu M Yagari Bhastara alias Gerry. Gerry telah berstatus sebagai tersangka KPK setelah tertangkap tangan melakukan suap terhadap sejumlah hakim PTUN Medan.

Pekan lalu, KPK telah menangkap lima orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di PTUN Medan dan kelimanya kini telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan tim penyidik KPK di Rutan KPK. Kelimanya adalah Ketua PTUN Medan Tripeni Irianto Putro, dua hakim PTUN Medan yaitu Amir Fauzi dan Dermawan Ginting, panitera PTUN Medan yang juga Sekretaris PTUN Medan Syamsir Yusfan, dan terduga penyuap M Yagari Bhastara alias Gerry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons