BUKA BERSAMA TERPANJANG, INDIA CATAT REKOR SEASIA

Buka-puasa-terpanjang-di-Asia-Buka puasa bersama memang berkaitan erat momentnya dengan puasa disaat bulan Ramadhan. Kegiatan itu bahkan bisa dibilang sudah menjadi tradisi bagi sebagian kelompok. Ada yang berbuka bersama dengan rekan sekolah, sekolah sekarang maupunĀ  yang sama-sama sudah lulus, teman-teman sekantor, bahkan buka bersama Akbar yang melibatkan hampir setiap jiwa muslim di suatu tempat.

Dan baru-baru ini telah di laksanakan buka bersama secara Akbar. Uniknya buka bersama ini membuat rekor buka puasa bersama terpanjang se-Asia yang di gelar di India seperti dilansir laman Emirates247, Senin (13/7/2015).

Warga muslim setempat berbuka puasa bersama dan menciptakan panjang hingga 1,6 km. Pemecahan rekor buka puasa bersama itu dilakukan di Sungai Dal di Kota Srinagar.

Buka bersama memang sangat antusias diikuti oleh masyarakat India, ratusan warga muslim meliputi orang tua, remaja, dan anak-anak turut andil dalam acara itu. Dan untuk mengukur panjangnya barisan mereka yang berbuka bersama maka pengukuran panjang itu ternyata berdasarkan kain yang menjadi alas makanan yang digunakan.

Pemecahan rekor ini memang tepat karena catatan panjang 1,6 km itu telah mengalahkan rekor sebelumnya yaitu 1,3 km. Menurut sumber informasi rekor buka puasa bersama terpanjang sebelumnya dilaksanakan di Masjid Al-Noot di Sharjah, Dubai, pada 2013 lalu.

Di Indonesia sendiri belum melakukan pemecahan rekor semacam ini padahal mayoritas penduduknya adalah beragama Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015