PESAWAT HERCULES JATUH, 135 ORANG MENINGGAL DUNIA

Kemarin sore, Pesawat Hercules A1310 type C-130 jatuh di Medan, Sumatera Utara. Sebanyak 135 jenazah termasuk sipil sudah dievakuasi dari lokasi jatuhnya Pesawat Hercules tersebut.
Musibah yang menewaskan banyak korban sipil itu tidak bisa dianggap sebagai peristiwa biasa. Terlebih menimpa salah satu unsur penting dalam pertahanan Indonesia, yaitu alat utama sistem persenjataan (Alutsista).

Penyebab jatuhnya pesawat masih diperdebatkan, bisa jadi disebabkan karena masa pakai pesawat yang sudah habis sehingga tak layak terbang, atau ada masalah dengan pemeliharaan pesawat yang kurang cermat atau teliti. Pesawat yang terawat mestinya laik terbang.

Saat ini jenazah korban tewas dalam kecelakaan pesawat Hercules masih disimpan di RSUP Haji Adam Malik. Kondisi instalasi yang terbatas membuat petugas terpaksa meletakkan jenazah di selasar. Jenazah para korban tersebut terlihat masih terbungkus dalam kantongan jenazah. Posisinya dideretkan rapi di ruangan Instalasi Pemulasaran Jenazah dan Kedokteran Kehakiman.

RSUP Haji Adam Malik merupakan pusat identifikasi para korban kecelakaan Hercules yang jatuh pada Selasa (30/6) sekitar pukul 11.50 WIB. Saat ini di rumah sakit tersebut sudah dibangun posko Disaster Victim Identification (DVI).

kecelakaan pesawat hercules (2)

kecelakaan pesawat hercules (3)

kecelakaan pesawat hercules (4)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015