TIGA SINETRON TIDAK BERKUALITAS versi KPI

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) merilis tiga sinetron yang tidak berkualitas. Hal ini dipaparkan oleh Endah Murwani, Ketua Bidang Penelitian Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI), yang didampingi oleh Ketua KPI Pusat, Judhariksawan.

“Hasil penelitian menunjukkan, sinetron Mak Ijah Pengen ke Mekah, 7 Manusia Harimau, dan Sinema Pintu Tobat dinilai tidak berkualitas,” terang Endah dalam jumpa pers Hasil Survei Indeks Kualitas Program Siaran Televisi: Segmen Program Khusus, di Gedung KPI Pusat, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat, Senin (22/6/2015) via tribun.

“Indeks ketiga sinetron tersebut cukup jauh di bawah standar kualitas, terutama sinetron 7 Manusia Harimau, yang indeksnya 2,20,” terang Endah lagi.
Skala indeks kualitas itu diukur dari dua bagian. Pertama, menurut tujuan, fungsi, dan arah penyiaran dan yang kedua berdasarkan Kode Etik dan Undang-undang dan Pedoman Perilaku Penyiaran Standard Program Siaran (P3SPS).

“Ketiga sinetron tersebut dipilih berdasarkan pertimbangan banyaknya aduan dari masyarakat. Dari data pengaduan yang masuk ke KPI, yang paling banyak diadukan adalah sinetron 7 Manusia Harimau, sebanyak 121 pengaduan. Kemudian, sinetron Mak Ijah Pengen ke Mekah, dengan 73 pengaduan,” paparnya.

harimau-cover

2 Comments

Add a Comment
  1. kok Ganteng – ganteng serigala tak masuk ?
    ganteng – ganteng serigala juga sinetron gak mendidik dan menjiplak flim twilight dan teen wolf justru ceritanya lebih keromantisme.

  2. ke tiga film itu aku belum pernah nonton mas hehe untung engga pernah nonton ternyata filmnya engga berkualitas ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015