SEORANG PRIA CIPTAKAN MOZAIK DARI 1000 UANG KERTAS ASING

Mozaik adalah gambar atau lukisan yang dibuat dengan cara menempelkan bahan dua dimensi sehingga berwujud. Bahan dua dimensi ini antara lain kertas, batu-batuan, biji-bijian, bulu, pelepah pisang, rafia, kain, benang, dan sebagainya.

Menciptakan sebuah mozaik perlu kreatifitas yang tinggi, dan perlu ketelitian dalam menempelkan bahan agar gambar yang dikehendaki sesuai dengan keinginan. Dan karya mozaik itu akan bernilai mahal karena keunikannya juga, termasuk bahan utamanya dari jenis apa. Seperti di Chongqing, Tiongkok, seorang pria menjadi pemberitaan media massa setempat setelah melakukan hal unik. Pria bernama He Peiqi itu menciptakan sebuah mozaik dari 1.000 uang kertas asing.

Seperti dilansir Shanghaiist.com, Sabtu (20/6/2015), He Peiqi mulai membuat mozaik itu selama sebulan. Dia membuat mozaik itu karena ingin menandai musim panas ini dengan sebuah karya. Oleh karena itu dia mengumpulkan uang kertas dari mata uang asing untuk dijadikan sebuah karya seni.

“Sebagian besar uang kertas yang digunakan adalah milik negara-negara Eropa dan Asia. Total uang yang digunakan mencapai 10.000 yuan [setara Rp21 juta],” ujar He Peiqi.

“Saya membeli uang-uang kertas itu dari para kolektor. Hampir enam bulan untuk mengumpulkanuang-uang kertas asing itu. Setelah itu, pembuatan mozaik dilakukan selama sebulan,” imbuh dia.

Setelah mozaik diterbitkan, sejumlah netizen mempertanyakan apakah mozaik yang terbuat dari uang kertas asing itu legal atau tidak. “Saya tidak akan melakukan hal-hal yang melawan hukum. Sebelum saya mulai, saya telah mempelajari peraturan yang terkait dengan karya yang akan saya buat. Hukum di Tiongkok hanya menyebutkan pembatasan penggunaan uang kertas Tiongkok bukan asing,” papar He Peiqi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons