ADA KOLAM CANTIK BEWARNA-WARNI DI UTAH AMERIKA SERIKAT

Anda pasti tahu tentang gunung Kalimutu yang memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

Jika anda mengetahui hal itu maka Kolam yang ada di Amerika Serikat ini nampaknya memiliki kesamaan seperti air pada danau tersebut. Memang Jika dilihat dari kejauhan, kolam warna-warni tersebut mungkin tampak seperti hasil rekayasa komputer. Padahal, kolam-kolam ini memang memiliki air berwarna-warni mencolok.

Warna yang dihasilkan kolam-kolam ini memang nampak indah dan unik. Namun banyak yang belum mengetahui mengapa air dalam kolam tersebut bisa berwarna-warni. Dan apakah warna tersebut di pengaruhi oleh proses atau fenomena alam. Nah dari penjelasannya bahwa kolam tersebut bukan sekedar kolam biasa namun memiliki fungsi.

Kolam-kolam tersebut sebenarnya adalah tambang Kalium. Dilaporkan Amusing Planet, letaknya di sepanjang Colorado River, tak jauh dari Moab. Dengan luas mencapai 1,5 kilometer persegi, kolam-kolam ini tampil memukau berkat warna biru, hijau, merah, kuning, dan ungu yang senantiasa berubah.

Proses evaporasi untuk mengekstraksi Kalium dalam air kolam yeng menyebabkan campuran warna unik di sana. Warna-warna merah dan kuning kolam bersumber dari beberapa jenis ganggang yang tubuhnya bisa menghasilkan pigmen warna kemerahan. Ganggang seperti ini memang umum ditemui dalam air yang memiliki kandungan garam tinggi.

Sementara warna biru dan hijau diperoleh dari sejenis pewarna yang sengaja ditambahkan ke dalam air kolam untuk membantu penyerapan sinar matahari dan mempercepat proses penguapan.

Tambang ini dikelola oleh Intrepid Potash, Inc., produsen Kalium klorida terbesar di AS. Kolam-kolam endapan tersebut telah beroperasi sejak tahun 1965 dan diperkirakan masih bisa dieksploitasi hingga 125 tahun mendatang.

Tetapi, begitu Kalium di sana habis, tampaknya kita tak akan bisa lagi menyaksikan keindahan kolam warna-warni tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons