LUBUKLINGGAU GELAR LOMBA ASAH BATU AKIK UNTUK KEPALA DAERAH

Lomba asah batu akik antar pengasah batu akik mungkin sudah biasa namun kalau para kepala daerah dari setiap kota atau kabupaten ini baru luar biasa, ya hal ini tentu jauh dari kebiasaan mereka yang biasa mengurusi pemerintahan. Oleh karena itu ini menjadi tantangan sendiri bagi mereka. Para kepala daerah khusus  wilayah Sumsel akan turut serta pada lomba tersebut.  Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe. Lomba mengasah batu akik itu akan digelar di Kota Lubuklinggau pada acara “Walikota Lubuklinggau Cup” di Sindang Convention Center setempat pada 21-27 Mei2015, katanya di Lubuklinggau, Jumat (1/5/15).

“Saya sudah berlatih secara rutin untuk menghadapi lawan-lawan dari kabupaten/kota lainnya termasuk para kepala daerahnya yang ikut ambil bagian lomba keterampilan itu,” katanya.

Kegiatan kontes batu akik itu sekaligus adu kepiawaian mengasah batu akik yang bahan baku dan peralatannya sudah disediakan sehingga para kepala daerah tak perlu lagi membawa peralatan.

Selain itu pihaknya akan menyiapkan souvenir untuk diberikan kepada sejumlah kepala daerah tersebut antara lain berupa keris dari batu akik Silampari jenis Teratai.

Pemkot juga menyiapkan sejumlah souvenir bagi istri kepala daerah berupa bros dari batu akik Teratai, cindramata itu diberikan khusus untuk istri para kepala daerah yang ikut lomba mengasah batu akik, ujar salah seorang penggemar batu akik di wilayah Sumsel itu.

Panitia Pelaksana kontes batu akik Ronel menjelaskan pihaknya telah menyiapkan delapan kategori kontes sesuai jenis dan varian batu akik.

Jenis batu yang dilombakan itu antara lain jenis Red chalcedony, yellow chalcedony, orange chalcedony, white chalcedoni, akik gambar, dan akik berpola (Badar kristal, junjung derajat, sumur bandung, sulaiman kurung, dan tapak jalak).

Para pemenang kontes masing-masing mendapatkan uang tunai Rp3 juta untuk juara pertama, juara kedua Rp2 juta, dan ketiga Rp1 juta.

Selain itu akan diberikan tropi, piagam, dan tiket menuju grand prix IGS, para peserta tidak perlu khawatir dengan netralisasi dan transparansi dalam pertandingan tersebut.

Panitia lokal sengaja mendatangkan para juri yang profesional di bidangnya dan melibatkan IGS untuk penilaian kontes, khusus hadiah hiburan disiapkan satu unit sepeda motor.

Pendaftaran lomba itu dibuka 27 April hingga 24 Mei 2015 di SMart Hotel Kota Lubuklinggau dengan besaran biaya pendaftaran berkisar antara Rp100 ribu hingga RP150 ribu per orang.

1 Comment

Add a Comment
  1. Macem macem.bupati..koq nggak ada kerjaan ..hobby sih hobby ya jgn lah ngadain lomba kaya gitu sama kepala.dinas segala..lomba tu ningkatkan kinerja sbg pelayan masarakat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons