KEREN DAN UNIK, GAGANG CINCIN BATU AKIK DARI TEMPURUNG KELAPA

Penggemar batu akik hingga saat ini masih menjamur, selain membicarakan jenis dan macam batu akik mereka juga membahas untuk pengikat batu akiknya. Pengikat batu aki biasanya terbuat dari perangkat keras, seperti perak dan tembaga dan ada juga yang terbuat dari batu akik itu sendiri. Namun lain lagi di Kota Tasikmalaya, seorang pemuda menciptakan pengikat batu akik dari tempurung kelapa. Karena pembuatannya cukup rumit dalam sehari pemuda ini hanya mampu membuat tiga buah.

Memang kreatifitas itu tidak ada batasnya, bagi mereka yang memiliki kreatifitas tinggi dan mau mencoba menciptakan karya-karya baru maka hasilnya akan terlihat. Memang ada saja yang gagal, namun jika terus di coba sampai berhasil maka tidak jarang akan mendatangkan rezeki bagi mereka.Ya, kreatifitas dari seseorang bisa membuka mata orang lain untuk turut mencoba dan juga meneruskan hasil kreatifitas dari orang lain tersebut.

Di era demam batu akik seperti sekarang ini ternyata telah membuat seorang pemuda bernama Dani Ramdani seorang penambal ban warga Nagarawangi, Cihideung, Kota Tasikmalaya mencoba kreatifitas baru dengan membuat emban atau gagang untuk cincin batu akik yang  terbuat dari tempurung kelapa.

Awalnya tempurung disortir untuk mengukur tingkat kekerasannya. Lalu dibuat beberapa pola satu persatu dan siap dibentuk ke sebuah mesin gerinda sesuai dengan ukuran cincin yang diinginkan. Setelah jadi, ikat batu cincin itu diukir dan diberi kawat sebagai penghias. Lalu batu akik ditempel menggunakan lem khusus.

Menurut Dani Ramdani, lama pembuatan pengikat batu cincin ini tergantung kerumitannya. Dalam sehari, dia hanya mampu membuat pengikat batu cincin tiga buah.

Harga ikat batu cincin yang dibuat Dani Ramdani berkisar Rp 50 ribu hingga Rp 75 ribu. Dani Ramdani yang tamatan sebuah SMK ini selain piawai membuat kawat batu cincin juga membuat pengikat liontin.

Oleh karena itu bagi anda penggemar batu akik mungkin selama ini mengenal ikat batunya terbuat dari tembaga atau perak. Namun apakah anda sudah mencoba pengikat batu akik dari tempurung kelapa? Tidak salah jika anda ingin mencobanya, bisa jadi ini membuka inspirasi anda untuk mengembangkannya menjadi usaha baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015 Frontier Theme