6 BATU AKIK GARUT JAWARA KONTES GEMSTONE FOR ASIAN AFRICAN SOLIDARITY

Walaupun gelaran KAA ke 60 tahun yang di gelar di Bandung sudah berlalu dan berjalan sukses namun cerita-cerita maupun berita hangat masih menyelubungi terutama berita tentang batu akik asal garut yang menjadi jawara dalam rangka peringatan KAA tersebut. Enam batu akik asal Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat berhasil meraih gelar jawara batu akik nasional yang diselenggarakan di Balai Kota Bandung, dengan tema Gamestone for Asian African Solidarity.
Batu Garut yang selama ini banyak dicari para kolektor, tenyata mampu membuktikan diri bisa bersaing dengan batu-batu super lainnya di Indonesia. Batu itu keluar sebagai juara umum pada kontes Gemstone For Asian African Solidarity di Bandung.

Enam batu garut yang menjadi jawara batu akik dalam KAA itu memiliki bentuk, warna dan corak beragam. Batu akik Garut yang menyandang gelar juara satu adalah batu akik jenis pancawarna. Batu ini memiliki bentuk oval dengan motif gambar wayang berwarna hitam di tengah batunya.
Yudi Nugraha, juga pemilik Lasminingrat Gemstone Garut, mengatakan bahwa batu panca warna Garut menjadi juara 1, 2, dan 3 di kelas Super Chalsedony. Ada pun batu hijau Garut menjadi juara pertama, setelah mengalahkan batu bacan dan indocrase.

“Nah, kalau kategori gambar kristal batu Garut menempati posisi kedua. Kemudian, batu kategori badar menempati posisi ke-3,” ujarnya kepada VIVA.co.id, Minggu 26 April 2015.

Dengan raihan prestasi tersebut, batu milik Yudi, meraih juara umum dan dan memboyong tropi Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil. Kontes itu digelar di Balai Kota Bandung, bersamaan dengan perhelatan peringatan 60 tahun KAA.

“Ya, saya sebagai pecinta batu Garut, sangat bangga dan karena batu Garut bisa dibuktikan sebagai batu yang berkelas di Indonesia,” kata Yudi.

Yudi berharap, dengan prestasi tersebut, batu Garut mampu merambah pasar nasional maupun internasional. Sebab, selama ini batu Garut hanya dikenal sebagai batu lokal yang tak memiliki pangsa pasar yang jelas.

“Jika batu Garut mampu sejajar dengan batu kelas lainnya di Indonesia, akan mendongkrak potensi batu di Kabupaten Garut,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015