KISAH UNIK : PETERNAK HERAN SAPI PELIHARAANYA MAKAN DOMBA

Pernah mendengar sapi memakan daging? rasanya hal itu tidak masuk akal. Semua orang pasti sudah tahu bahwa sapi adalah hewan pemakan rumput-rumputan. Oleh karena itu pantas jika hal ini di sebut kisah unik, aneh dan menakutkan untuk diceritakan karena seorang peternak di Distrik Nakuru, Kenya yang bernama Charles Mamboleo mengaku mendapati seekor domba disantap oleh sapi yang dipeliharanya. Dia pertama meragukan hal ini namun ini lama kelamaan memang nyata dan di saksikan di depan matanya sendiri.

Charles Mamboleo barangkali tidak akan membayangkan kalau hewan pemakan rumput yang dipeliharanya tiba-tiba menyantap seekor domba. Dikisahkan Charles, seperti dikutip Solopos.com dari Emirates247, Jumat (24/4/2015), hewan yang kini berubah menjadi karnivora atau pemakan daging itu membuatnya telah takut.

Awalnya Charles melihat sapi itu memakai bangkai domba yang mati akibat ditanduk sapi lain. Namun, lama kelamaan, sapi itu mulai ketagihan.

Sapi itu mengejar domba meskipun telah disodori rumput dan air. “Setelah insiden pertama, kami pikir sapi itu hanya kelaparan. Karenanya, kami meningkatkan pasokan pakan dan air. Namun, sapi itu masih mengejar domba,” kata Charles.

Pakar pertanian dan peternakan Kenya, Albert Kabugi, mengatakan sapi memang hewan herbivora. Akan tetapi, ketika hewan tersebut mulai makan daging, itu menjadi pertanda bahwa telah terjadi kekurangan nutrisi.

“Musim kering, yang baru saja berakhir, mengakibatkan sebagian besar hewan kekurangan mineral yang biasa ditemukan pada rumput hijau,” kata Kabugi, sebagaimana dilansir the Daily Nation.

Fenomena hewan herbivora berubah menjadi karnivora terjadi di India, pada 2007 lalu. Kala itu, seekor sapi memangsa beberapa ekor ayam dan insiden itu direkam melalui kamera video.

Seorang dokter hewan setempat menengarai bahwa sapi itu kekurangan mineral penting sehingga perubahan dari herbivora ke karnivora memungkinkan dalam kasus-kasus tertentu.

Ketakutan akan hal ini pasti akan terus menderu keluarga Charles, apakah sapi ini akan mengejar manusia dan bahkan memakannya. Charles berharap cukup satu sapi ini saja yang berprilaku seperti hewan buas tersebut dan jangan sampai hal ini menular atau menjangkit ke sapi-sapi lainnya.

 

 

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*