1300 PESERTA DARI 40 STAND RAMAIKAN PAMERAN BATU AKIK DI MUARAENIM

Kabupaten Muaraenim untuk pertama kalinya menggelar pameran batu akik, namun meski baru pertama kali ternyata animo masyarakat mengikuti pameran dan kontes batu akik cukup luar biasa.

Terbukti sekitar 1.300 peserta batu akik dan 40 stan ramaikan kegiatan Pameran dan Kontes Batu Akik Bupati Muaraenim Cup Tahun 2015, di gedung Kesenian Putri Dayang Rindu Muaraenim, Sabtu (25/4/2015) pukul 20.00.

Dalam kegiatan Penutupan Pameran dan Kontes Batu Akik Bupati Muaraenim Cup Tahun 2015, yang telah berlansung selama tiga dari tanggal 23-25 April 2015, Ketua CGM Anwar Kohar SE secara simbolis memberikan penghargaan batu akik Sile Merenim lokal khas kepada Hj Shinta Paramitha Muzakir SH MHum jenis Sile Bungur dari Ujan Mas, dan jenis Sile Lumut kepada Asisten Pemerintahan Drs Bulgani Hasan.

Menurut perwakilan Juri Gemstone Indonesia Jakarta Tutur Yoga, bahwa ia baru pertamakali menjadi juri di Kabupaten Muaraenim.

Dan cukup mengagetkan dirinya, sebab di kota kecil seperti kota Muaraenim ternyata peserta kontes batu akik cukup banyak yakni sekitar 1.300 peserta setara dengan peserta event di Jakarta.

Ini menunjukkan antusias masyarakat yang cukup tinggi dengan keberadaan batu akik di Indonesia.

“Saya minta pemenang batu akik Bupati Muaraenim Cup 2015, bersiap-siap untuk iktu kontes batu akik pada piala Presiden RI pada bulan September mendatang,” ujar Tutur.

Sementara itu Bupati Muaraenim melalui Asisten I Pemkab Muaraenim Bulgani Hasan, bahwa sesuai laporan panitia peserta kontes batu akik yang berpartisipasi cukup banyak sekitar 1.300 peserta dan 40 stan, ini membuktikan betapa besar antusias masyarakat untuk menyukseskan kegiatan ini.

Kedepan diharapkan, lanjut Bulgani, CGM dapat melakukan acaea pameran dan kontes batu akik secara berkala sehingga dapat memotivasi dan meningkatkan transaksi jual beli batu akik di Kabupaten Muaraenim serta pembinaan kepada pengrajin batu akik lokal Kabupaten Muaraenim sehingga dapat berkembang sekaligus menjadi ajang promosi untuk lebih memperkenalkan Kabupaten Muaraenim ke tingkat nasional.

Dan kepada stake holder seperti Dinas, Instansi, BUMN, BUMS, BUMD maupun perorangan untuk mendukung pengembangan batu akik sehingga dapat memberikan manfaat besar dalam perekonomian daerah sekaligus mengangkat harkat dan martabat pengrajin dan pedagang batu akik daerah.

 

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*