PESONA INDAHNYA BATU AKIK BARU ASAL SIDOMULYO LAMPUNG SELATAN

Potensi batu akik Lampung nampaknya mulai bermunculan. Sempat heboh karena pernah di temukan suatu lahan yang banyak ditemukan batu akik jenis barus kodok kini varian batu Lampung kembali di temukan. Ya batu akik tersebut ditemukan di Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan (Lamsel). Tak heran kini banyak pemburu batu akik berdatangan ke kota penghasil pisang tersebut.

Sebelumnya, dari kecamatan ini muncul batu pancawarna dan lumut merah atau yang lebih dikenal dengan sebutan lumer.

Untuk kali ini, muncul lagi jenis baru, yakni batu corak Sidomulyo yang skalanya 6-7 Mohs. Batu corak berjenis batu mulia ini ditemukan di lereng perbukitan Desa Paninjauan, Sidomulyo, Lamsel.

Owner Riki Gemstone, Riki Asep mengatakan, batu corak Lampung disukai karena ragam jenis corak yang dihasilkan. Salah satu warna yang mencolok warna coklat, hitam, kuning, merah dan putih.

”Pecinta batu menyukai karena coraknya yang banyak dan warna cerah,” kata Riki kepada Radar Lampung (Grup JPNN.com).

Biasanya, lanjut Riki, Batu Corak ini dijadikan liontin selain juga dijadikan batu cincin. ”Jenisnya mirip pictorial agate, tetapi batu corak Sidomulyo Lampung alur-alur coraknya sudah terbentuk, tinggal teknik pengasahan saja,” ucapnya.

Sementara, Ronald Sihombing mahasiswa Universitas Lampung yang juga pecinta batu mengatakan, corak-corak yang ditimbulkan pada batu tersebut membuat misteri. ”Perpaduan warna dan corak yang dihasilkan membuat batu tersebut memesona,” ujarnya.

Kemudian, Muhammad Andriyan, pegawai salah satu bank swasta di Bandarlampung juga mengatakan, corak batu Sidomulyo seperti menghipnotis. ”Batu corak dikoleksi karena seperti lukisan abstrak,” tukasnya

Untuk patokan harga nampaknya belum diketahui, namun dapat di perkirakan harganya bisa dibuka dengan ratusan sampai jutaan tergantung corak yang di timbulkan.  Hingga saat ini para pemburu batu akik terus memburu batu jenis ini, karena mereka yakin batu ini akan laris manis di minati para penggemar batu akik.

Dan mereka yakin batu akik jenis ini akan segera dikenal di seluruh penjuru Indonesia. Dan keyakinan itu benar-benar akan terwujud jika mereka mampu membuat atau mengasah batu akik ini dengan kualitas yang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015 Frontier Theme