BATU AKIK ASAL BANDUNG BAKAL DI PAMERKAN DI PARIS

Pembuktian bahwa batu akik asal Indonesia bakal makin mendunia akan benar terjawab. Karena Batu akik asal Jawa Barat rencananya akan dipamerkan di Paris, Prancis, sebagai bagian dari kebudayaan Indonesia, kata Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Bandung Herlan Joerliawan.

“Statusnya sistemnya undangan, kita diundang untuk pameran di sana. Kita memamerkan kebudayaan Indonesia seperti kesenian, kuliner, dan tempat wisata. Nah disitu sekalian kita pamerkan batu akik,” katanya pada ajang Asian-African Gemstone Festival di Balai Kota Bandung, Jumat (23/4).

Pada pameran di Prancis mendatang, dua orang perwakilan dari komunitas batu akik akan dipilih untuk memamerkan batu-batu mulia itu.

Selain memamerkan batu akik, pameran itu juga akan menjadi etalase Kota Bandung sebagai kota wisata terfavorit di Indonesia.

Herlan mengatakan Bandung mengikuti pameran di luar negeri agar warga internasional selalu kenal dengan Kota Kembang itu.

“Bandung sekarang kota wisata nomor satu di Indonesia. Di dunia kita urutan 21. Kita coba ke luar negeri untuk mengenalkan terus Kota Bandung ini,” katanya. Dalam acara itu, batu akik tak hanya untuk dijual, namun juga akan dihadiahkan pada 500 delegasi negara yang akan berkunjung pada Sabtu atau Minggu. Nantinya, setiap stan akan menyumbangkan beberapa batu akik mereka.

“Mudah-mudahan menjadi salah satu media promosi, supaya Indonesia terkenal akan batu akiknya,” katanya.

Seniman yang sekaligus kolektor batu akik, Dadang Usman, yang akrab disapa Ki Daus mendukung diadakannya pameran batu akik di Prancis.

Ia berharap, negara-negara lain bisa melirik bahwa Indonesia memiliki berbagai jenis batu akik, yang bukan permata, namun berharga.

“Batu akik itu unik, ia punya berbagai macam corak tersendiri. Harganya pun tidak terbatas pada mahal dan murah, karena ada dari mulai puluhan ribu hingga jutaan,” katanya

Tren batu akik ini diharapkan akan terus bertahan lama, Dengan memamerkan batu tersebut kedunia maka bisa jadi tren ini akan terus berjaya dan tentu akan mengangkat perekonomian negara Indonesia, walaupun ada beberapa pengamat yang memprediksi masa booming batu akik ini akan berakhir di tahun 2015 ini.

 

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*