SEDANG DI TELITI, BATU AKIK MIRIP JAGUNG ASLI ATAU PALSU?

Fenomena batu mulia atau batu akik di masyarakat hingga saat ini masih terasa dan belum termakan oleh waktu, masih banyak masyarakat yang berburu perhiasan ini. Hal ini di barengi juga dengan beragam pameran atau kontes batu akik yang mulai  banyak bermunculan. Dalam pameran biasanya banyak ditampilkan beragam batu, dari mulai keunikan bentuk hingga harga.

Keunikan atau keragaman batu akik memang banyak sekali baik dari motif, warna, serat dan sebagainya. Namun dalam pameran Demam Batu baru-baru ini, ditemukan ada batu yang memiliki bentuk yang unik yaitu menyerupai jagung yang berasal dari daerah Kaur, Bengkulu. Bahkan karena dirasa unik, tak tanggung-tanggung, batu tersebut sudah ditawar seharga Rp500 juta.

Pembina Perajin Usaha Kecil dan Menengah Bengkulu, Erlan Mahyin mengatakan, kedatangannya ke Jakarta untuk memberikan sertifikasi kepada batu-batunya. Selain itu, juga untuk menguji batu berbentuk jagung tersebut.

“Kedatangan saya ke sini untuk menguji beberapa batu yang ditemukan seperti batu berbentuk jagung ini, apakah sintetik atau natural,”ucap kepada Okezone di Jakarta, Kamis (23/4/2015).

Menurutnya, banyak yang beranggapan jika batu berbentuk jagung tersebut palsu. Oleh karena itu, kedatangannya ke Jakarta untuk mengujinya.

“Saya memiliki keyakinan, jika batu ini benar-benar natural, oleh karena itu timbul penasaran saya untuk mensertifikasi batu ini. Ya kalau pun batu ini palsu ya sudah, cukup kami simpan saja,”ucapnya.

Memang pandangan orang berbeda-beda, bisa saja benda tersebut memang jagung yang di keraskan dengan bahan kimia atau semacamnya, atau bisa jadi itu benda itu hasil buatan tangan. Semuanya tergantung pendapat masing-masing.

Menurut pandangan pembaca sekarang kira-kira ini asli atau palsu? Silahkan jawab dan pikir sendiri ya..

Dalam pameran tersebut, Pusaka Kaur Bengkulu tersebut menjual batu dengan harga beragam. Diakuinya, jika harga batu miliknya dijual di kisaran Rp300 ribu hingga Rp1,5 juta.

“Kami tidak menargetkan laba yang besar, lebih kepada memperkenalkan khas batu akik Bengkulu. Harga yang kita beri untuk penggemar batu, dari harga Rp300 ribu sampai Rp 1,5 juta,”ucapnya.

Comments

Add a Comment
  1. saya juga punya batu fosl jagung seperti itu.& rencananya mau saya jual,ada nggak pembelinya ya.?kalo ada yg bisa bantu carikan pembeli,nanti saya kasih komisi ….trims

  2. oh ya no hp yg bisa dihubungi 085850235587 , 087753142737

  3. saya juga punya batu jagung,kalau bisa jual punya saya hasil penjualan bagi dua ini no Hp saya 085248701584

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015 Frontier Theme