Mengenal Batu Akik Bawang Yang Dapat Berubah Warna

Tidak heran negara kita sekarang ini ┬ásedang dilanda demam batu, dari sabang sampe marauke tiap – tiap orang sibuk mencari batu khas dari daerahnya masing – masing, Kali ini dari sekian banyak jenis batu lumut yang kita ketahui, ada sesuatu hal yang menarik dari jenis batu cincin yang disebut dengan Batu Akik Bawang atau Chrysoprase. Batu akik bawang bersifat hangat karena sebagian besar dari batu ini terdiri dari silicon dioxide.

Batu akik bawang (Chrysoprase atau chrysophrase untuk bahasa inggrisnya) adalah salah satu batu dari keluarga chalcedony yang paling berharga. Nilai kerasnya 7 dalam daftar keras Mohs, sama seperti batu akik (agate).  Batu akik bawang berwarna hijau-apel tapi ada juga yang berwarna hijau gelap.

Perlu diketahui, batu akik bawang ini biasanya berwarna hijau muda atau hijau gelap. Warna batu akik bawang ini mudah luntur apabila terkena cahaya matahari langsung. Tetapi biasanya warnanya dan kilauan batunya akan segera kembali seperti semula.

Warna hijau batu akik bawang ini berasal dari unsur nikel di dalamnya. Apabila batu akik bawang ini dicelupkan ke dalam nikkelvitriool atau dikubur di dalam tanah yang lembab, warna batu akik bawang ini dipercaya akan berubah menjadi putih seperti semula.

Banyak para kolektor berburu batu ini karena batu ini mempunya warna khas dan tampak hijaunya berbeda dengan batu – batu yang biasa kita jumpai di pedangang – pedagang batu. Harga Batu ini lumayan terjangkau berkisar dari ratusan sampai jutaan.

Jenis batu akik bawang yang memiliki kualitas terbaik adalah batu-batu yang berasal dari Queensland, Australia. Sedangkan kegunaan atau manfaat batu ini diantaranya adalah bisa memperkuat jantung dan menyehatkan mata, meningkatkan kepercayaan diri, membawa keberuntungan jika dipakai. Dan apabila diletakkan di bawah bantal Anda atau di bawah kasur ketika tidur, dipercaya bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang.

Tapi hal tersebut tetap kita kembalikan kepada sang pencipta karena batu adalah salah satu dari ciptaanya jadi kita sebagai manusia jangan mudah tertipu oleh cara setan untuk meyesatkan kita kejurang api neraka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015