HARI KARTINI, INI SOSOK WANITA PENGASAH BATU AKIK HINGGA KINCLONG

Di hari spesial bagi para wanita yaitu yang bertepatan dengan tanggal 21 April 2015 memang penuh makna, di era sekarang wanita memang sudah banyak yang harus berjuang menghidupi ekonomi keluarga. Tak jarang kegiatan atau pekerjaan yang biasa di lakukan laki-laki pun di kerjakan, seperti supir bus, tukang ojek, dan bahkan menjadi pimpinan suatu perusahaan atau instansi negara.

Namun berbeda dengan pekerjaan pada umumnya, kini banyak juga wanita yang terjun kedunia bisnis batu akik. Memang demam batu akik menjalar kemana-mana. Celah ini dimanfaatkan oleh salah seorang warga untuk mendulang rupiah. Salah satu wanita cantik yang menjadi pengasah batu akik adalah Santi.

Suami Santi yaitu Santiago membuka kios batu akik di Jalan Trip Jamaksari, Kota Serang, Banten. Santi sapaannya mengaku menjalani profesi ini karena ketularan sang suami yang hobi mengoleksi batu akik.

“Suami buka kios batu, niatnya cuma bantu-bantu saja, setiap hari bisa dapat tiga sampai empat batu,” kata Santi saat ditemui di kiosnya, Selasa (21/4).

Santi merupakan ibu beranak dua. Dia menggeluti profesi sebagai penggosok batu akik sejak tiga bulan lalu. Menurutnya, meski terlihat santai tetapi pekerjaan ini memiliki risiko seperti patah kuku.

“Sudah hampir tiga bulan kayak gini. Kalau celaka saat gosok batu pakai mesin sih enggak, paling kuku saja yang patah,” kata santi.

Santi mengaku melakukan profesi tersebut karena batu akik kini sangat digemari. Usaha penggosokan batu ini, lanjutnya, membuat dapurnya semakin ngebul.

“Wanita harus mau bekerja keras, apa saja yang penting positif. Kalau kita lihat sekarang, sudah bayak wanita-wanita yang mau berprofesi seperti pria,” ungkapnya.

Di kiosnya kini santi memiliki 3 buah mesin penggosok batu dengan ukuran besar. Kesehariannya dia dibantu oleh seorang karyawan yang juga merupakan seorang wanita.

Tidak hanya menggosok batu, di kiosnya juga dipajang sejumlah batu khas Banten, seperti kalimaya dan panca warna Banten Selatan.

Santi adalah sosok wanita yang patut di ancungi jempol, dia memilih pekerjaan seperti tentu bukan karena memfaatkan peluang saja. Pekerjaan ini juga didasari karena niatnya membantu suami, dan yang terlebih penting  pekerjaan ini adalah pekerjaan halal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons