BUPATI NATUNA SIAPKAN CINDERAMATA 100 BATU AKIK UNTUK TAMU STQ KEPRI

Kata cinderamata tentu tidak asing lagi di telinga kita, Cinderamata adalah suatu yang dibawa oleh seorang wisatawan  atau seseorang yang menjadi tamu kehormatan dari suatu daerah atau negara. Cinderamata tersebut di bawa ke rumah atau daerah asalnya untuk kenangan yang terkait dengan benda yang dimiliki atau punya ciri khas dari daerah yang ia kunjungi. Dalam bahasa Indonesia, istilah ini kadang disinonimkan dengan suvenir, tanda mata, atau kenang-kenangan.

Di era boomingnya batu akik banyak sudah beberapa kali batu akik dijadikan cinderamata seperti manta Presiden SBY yang memberi cincin akik untuk Presiden Amerika Barack Obama. Dan baru-baru ini Ridwan Kamil Walikota Bandung pun menyiapkan cindera mata untuk tamu negara KAA pada tanggal 24 April 2015 nanti. Namun tidak hanya Kota Bandung saja yang menyiapakan cinderamata batu akik untuk tamu tehormat yang datang kedaerah mereka. Hal ini pun menjadi contoh bagi Bupati Natuna. Sebagai tuan rumah Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Provinsi Kepri yang akan digelar mulai Mei 2015 mendatang, Bupati Natuna Ilyas Sabli mengaku menyiapkan cenderamata yang beda dari biasanya.

Oleh-oleh khusus dari Bupati itu berupa batu akik dari Pulau Laut dan Selat Lampa. Diakui Ilyas, dirinya sudah menyiapkan batu-batu tersebut untuk para rekanan pejabat provinsi dan kabupaten/kota lainnya yang akan datang ke Natuna.

Setidaknya ada 100 jenis batu giok dan satam yang akan dihadiahkan. Hal ini bertujuan salah satunya untuk kampanye wisata Natuna yang kaya akan berbagai jenis batu alam yang bisa diolah untuk aksesoris.

 

“Sudah kita siapkan, nanti kita kemas satu-satu dengan tempatnya yang cantik sebagai cinderamata pada momentum STQ,” ujar Ilyas.

Setiap kabupaten/fkota akan mendapatkan 10 batu, mayoritas batu giok yang dikhususkan untuk pejabat daerah maupun provinsi tersebut.

Disebutkannya, batu yang diberikan akan dibagikan dalam bentuk mentah (belum diasah) agar para tamu bisa membuatnya sesuai keinginan.

“Kalau sudah jadikan belum tentu semua suka, makanya dalam bentuk potongan saja. Ada yang suka model kecil ada yang suka model besar terserah nantinya mau dibuat bagaimana,” terangnya.

Cinderamata ini juga diharapkan memang menjadi kenang-kenangan bahwa Kepri  pernah menjadi tuan rumah STQ tingkat Provinsi dan untuk para tamu pas akan mengingat bahwa mereka menginjakkan kakinya di Kepri dan mendapat cinderamata nan cantik berupa batu akik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons