SELAIN BANTEN, LOMBOK JUGA MILIKI BATU AKIK KALIMAYA

Demam batu akik selalu menebar ke semua penjuru tanah air. Jika di Aceh mempunyai giok sejumlah milyaran rupiah, Kabupaten Lebak, Banten, mempunyai Kalimaya Black Opal. Harga nya yang mahal bikin orang dewasa sampai anak-anak ikhlas mengali tanah sampai kedalaman 100 mtr..

Dari Aceh hingga Papua, demam batu akik menempa Indonesia. Demam batu akik juga sangatlah merasa di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Di Mataram, Lombok, NTB, banyak kios batu akik bertebaran. Satu diantaranya yaitu Lombok Gemstone. detikcom memiliki kesempatan berkunjung ke toko gemstone yang cukup komplit itu pada Senin (9/2/2015) lantas.

Batu-batu alam beragam warna di jual di kios tidak jauh dari Hotel Lombok Jaya, Mataram, itu. Harga nya juga beragam, dari Rp 200 ribu hingga jutaan rupiah. Bebagai batu alam warna-warni di jual di toko itu. Ada akik berwarna madu, biru-kuning-hijau jernih, hitam pekat, hijau pekat serta yang lain. Keindahan batu serta ring-nya memengaruhi harga batu yang indah itu.

Di Lombok memanglah tidak banyak batu akik dengan struktur serta corak warna-warni. Yang istimewa di Lombok yaitu mutiara yang dipakai juga sebagai pengganti batu akik di cincin. Warna-warni mutiara keemasan, kuning, silver, hital, cokelat, putih, yang bercahaya memanglah bikin cincin tampak lebih keren. Untuk cincin bermata mutiara di jual mulai Rp 200 ribu rupiah sesuai sama ukuran serta grade mutiara juga sebagai matanya.

Tetapi untuk pengagum batu alam pasti kurang sreg memasangkan mutiara di cincinya, terlebih untuk bapak-bapak lebih pas kenakan cincin bermata batu mulia daripada mutiara. Ada suatu batu akik yang indah, berwarna putih bening dengan cahaya warna-warni apabila disorot dengan lampu. Batu itu di kenal dengan nama Batu Kalimaya lombok. Dipandang dari beragam pojok memendarkan warna-warni berlainan tetapi warna dominannya yaitu ungu kemerahan.

Lantaran tidak pas harga nya, detikcom juga meneruskan pencarian batu kalimaya khas lombok itu ke pedagang kaki lima yang menjamur di seputar Mataram Mall, di pusat Kota Mataram. Suatu lapak punya Ahmadi, jual batu Kalimaya Lombok nan indah cuma Rp 100 ribu, batu akik berwarna pelangi telah dikantongi, detikcom juga melihat-lihat dagangan Pak Ahmadi yang lain.

Walau cuma pedagang kaki lima tetapi dagangannya tidak kalah komplit. Terkecuali jual beragam type serta warna batu akik, dia juga jual mutiara, kalung mutiara, gelang mutiara, hingga cincin mutiara. Harga perhiasan dengan mutiara bergantung pada type mutiara, struktur, serta ukuran bobotnya. Mutiara di jual per gr mulai Rp 100 ribu, makin tinggi gradenya makin mahal harga nya. Mutiara air laut dengan grade AAA dapat di jual diatas Rp 200 ribu per gramnya.

Disamping itu di kanan kiri juga banyak pedagang kali lima berjualan. Mereka memasukkan beberapa oleh-oleh khas Lombok di barang dagangan mereka, seperti madu putih asli Lombok, susu kuda liar, dan sebagainya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015