Fenomena Batu Akik Cantik Green Opal Dari Banten

Batu green opal adalah jenis batu opal yang memiliki warna dasar green atau hijau. Di tanah air batu opal juga memiliki sebutan batu kalimaya. Keunikan dari batu opal adalah batu ini memiliki berbagai macam warna jika terkena cahaya. Warna yang diberikan dari bias cahaya dalam batu dapat bermacam-macam, seperti halnya warna abu-abu, merah, oranye, kuning, hijau, biru, magenta, merah muda, batu tulis, zaitun, cokelat, hitam, dan warna-warna pelangi lainnya.

Batu yang memiliki nama internasional opal dan nama lokal kalimaya ini dapat ditemukan dibeberapa negara. Produksi terbesar dari batu opal dan jenis batu green opal ada di Australia, selain di negara kanguru batu ini juga ditemukan di meksiko, India, Republik Ceko, Slowakia, Turki, Brazil, Honduras, Ethopia dan Indonesia. Di Indonesia batu opal banyak ditemukan di daerah Banten.

Kekerasan batu green opal ini tergolong sedang. Kekerasan yang dimiliki oleh batu opal bernilai antara 5.5 – 6.5 skala Mohs. Umumnya komposisi dari batu kalimaya ini terdiri dari kiezelzuur, air, dan berbagai macam logam, logam ini yang akan membuat opal dapat memancarkan berbagai macam warna. Kandungan silica pada batu juga menyebabkan pantulan warna yang beragam. Keindahan yang diberikan oleh batu cantik green opal dengan pancaran warnanya menjadikan batu akik ini memiliki banyak penggemarnya. Harga dari batu indah ini tergolong cukup mahal tergantung pada kualitas batu, corak, dan warna-warna yang terpancar di dalamnya.

Karena kekerasan yang tergolong rendah batu ini lebih mudah retak dibanding batu akik lainnya. Oleh karena itu berhati-hatilah saat memiliki batu ini. Berhati-hatilah saat beraktifitas berat untuk menghindarkan dari benturan yang dapat membuat batu ini retak. Karena salah satu kandungannya yang berupa air, kandungan air dapat normalnya 3-10% , namun ada juga yang memiliki kandungan mencapai 20%. Maka dari itu, sebaiknya jangan biarkan batu opal menjadi terlalu kering. Karena ini dapat lebih rentan mengalami keretakan. Hindarkan batu green opal dari debu-debu, kotoran, dan bahan kimia. Hal-hal ini dapat mengotori permukaan batu dan mengurangi kecerahan dari batu. Lakukan perawatan seperti membersihkan batu secara berkala dan jika perlu melakukan pemolesan kembali di tempat servis yang menyediakan jasa tersebut dan terpercaya.

Di beberapa negara batu opal juga memiliki mitos yang beredar dan dipercaya sejak lama. Di australia khususnya suku aborigin, batu opal dipercaya sebagai jejak kaki Tuhan yang menyentuh bumi pada ujung pelangi. Dan batu ini dapat membawa keharmonisan. Di yunani batu opal dipercaya berasal dari air mata dewa Zeus dan dapat memberi keberuntungan. Di Romawi, batu opal menjadi lambang harapan dan kemurnian. Batu ini juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Dan masih banyak lagi mitos-mitos tentang batu indah green opal ini. Dipercaya batu green opal ini juga memiliki khasiat atau tuah yang dapat diberikan. Batu ini dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons