LIONTIN BATU AKIK KINI MULAI DI MINATI DAN POPULER

Demam batu akik kian meluas. Tidak hanya berbentuk batu cincin, batu akik kini juga dijadikan kalung liontin. Ya, liontin batu akik mulai menjadi tren tersendiri di kalangan pecinta batu alam ini. Berapa harganya variatif, tergantung jenis batu, bentuk dan corak. seorang pengoleksi batu akik di Tarakan, Kalimantan Utara, Nanang menjelaskan, batu akik yang bercorak dan warna yang beraneka macam adalah pilihan yang tepat dijadikan kalung liontin.

Alasan lain mengapa batu liontin kini juga diminati karena sekarang tren motif dalam batu akik itu sendiri, dengan bentuk liontin yang pipih lonjong ataupun oval dan dengan ukuran yang lebih besar motif biasanya agak lebih tampak. Untuk harga juga biasanya liontin memiliki tarif harga yang lebih tinggi dibanding batu cincin.

”Inilah yang menambah keindahan liontin batu akik tersebut,” kata Nanang kepada Radar Tarakan (Group indopos.co.id) (11/4). Saat ini, Nanang sudah mengoleksi empat kalung liontin dengan corak yang berbeda. Menurut Nanang, batu akik khas Kaltara sangat banyak dicari di pasaran, terlebih untuk dijadikan liontin.

Bacan Obi, Akik Ternate dan Akik Malinau adalah sederetan jenis batu yang dimilikinya saat ini. ”Harga jelas sangat tinggi dikarenakan liontin batu akik berukuran besar dan kita memilih corak yang indah, harganya pun beraneka macam ada yang berisar Rp 300 ribu sampai dengan Rp 2 juta,” beber Nanang. Untuk penjualan ring kalung liontin berkisar Rp 100 ribu per buahnya. Ini di luar dari harga batunya sendiri. Bahan yang digunakan bermacam-macam, namun saat ini yang paling banyak dicari adalah yang terbuat dari titanium.

Rober salah seorang penjual mengatakan, saat ini kalung liontin batu akik banyak kian diminati masyarakat yang mayoritasnya kaum adam. Dalam sehari, kurang lebih 20 ring kalung liontin terjual dengan keuntungan berkisar Rp 2 juta sehari. ”Peminat ring liontin sudah sangat banyak, penjualannya pun hampir sama dengan penjualan ring cincin,” ungkap Rober.

Batu akik yang dijadikan liotin memang bertambah populer sekarang ini, apalagi persiapan cinderamata untuk KAA 60 Tahun di kota Bandung nanti juga akan memberikan liotin yang terbuat dari bahan pancawarna bagi ibu-ibu negara perwakilan KAA tersebut.

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*