Memperkenalkan Batu Akik Jenis Sungkai Dari Kota Prabumulih

Meski bukan daerah dataran tinggi, rupanya diam-diam kota Prabumulih memiliki batu khas daerahnya. Batu Sungkai jenis fosil, banyak tersebar di berbagai pelosok daerah kota Prabumulih. Yang menjadi khas, batu Sungkai ini memiliki motif yang beragam seperti gambar binatang, manusia serta pemandangan alam.

Salah seorang kolektor batu akik, Adi Susanto SE mengatakan batu jenis Sungkai ini banyak tersebar di wilayah Prabumulih. “Di wilayah Payu Putat, Sukaraja, Gunung Kemala serta beberapa daerah pinggiran lainnya,” ujar pria yang juga menjabat sebagai anggota DPRD kota Prabumulih ini.

Untuk mendapatkannya pun, sambung Adi tidak terlalu sulit. Dirinya bahkan memiliki bongkahan besar batu sungkai yang berhasil didapatnya di wilayah Kelurahan Sukaraja. “Tidak perlu sampai mendaki bukit dan melakukan penggalian yang memakan proses lama. Kami berhasil menemukan bongkahan batu Sungkai dengan motif Angsa di sekitar kebun karet warga,” ungkapnya.

Batu akik milik Bapak DPR satu ini juga banyak menarik perhatian orang yang melihatnya, karena liontin yang dia pakai mempunyai gambar yang unik yakni bermotif seorang wanita yang sedang duduk. Tak sedikit orang yang menawar liontin kesayangannya ini, ada yang telah menawar liontin ini dengan harga 15 Juta tapi kata dia batu ini sangatlah dia sayangi karena untuk mendapatkan motif batu seperti ini.

Adi menerangkan pihaknya saat ini terus mengenalkan batu Sungkai sebagai batu khas Prabumulih melalui berbagai even pameran serta lomba batu akik. “Meski di daerah lain juga ada, tapi batu Sungkai Prabumulih ini motifnya sangat kaya. Kami di komunitas sekarang lebih mengenalkan batu ini sebagai khas Prabumulih,” ujar Adi seraya memperlihatkan batu Sungkai dengan motif yang menggambarkan Putri Duyung.

Masih kata Adi, perkembangan usaha kerajinan batu akik, baik dari sisi penjual serta pengasah di kota Prabumulih cukup maju signifikan. Hal ini menjadi usaha jenis baru yang dapat mendatangkan pendapatan bagi masyarakat. “Pemerintah harus jeli untuk memanfaatkan situasi ini. Usaha ini harus didorong agar bisa berkembang lebih luas lagi,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015