BATU AKIK PANCA WARNA MENGANDUNG KADAR BESI

Mungkin para pecinta batu akik sudah mengetahui jenis batu akik seperti badar besi. Mengapa disebut badar besi ya tentu karena batu ini mengandung kadar besi yang kuat, sehinggi jika di dekatkan dengan magnet maka batu ini akan menempel. Namun untuk kalangan pecinta batu akik, batu jenis ini sepertinya tidak banyak diburu pecinta batu akik entah karena batu ini juga jarang memiliki motif yang indah atau mungkin ada alasan lain.

Namun hal itu kini mulai terbantahkan karena  belakangan mulai ini para kolektor di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan sedang memburu batu akik jenis hanya saja batu akik ini memiliki berbagai macam warna. Jelas akhirnya batu akik ini pun dinamai panca warna badar besi. Selain punya warga yang beragam, batu ini mempunyai corak yang unik, dan juga mengandung besi.

Walaupun di Kebumen telah dahulu dianggap menemukan batu jenis ini namun batu akik unik ini banyak dikatakan baru ditemukan di pegunungan di perbatasan Kabupaten Barru dan Kabupaten Pangkep. “Batu ini punya corak yang beragam, warga yang beragam serta bisa melengket pada magnet atau besi berani. Ini termasuk koleksi baru, bagi para pengemar batu akik,“ kata Akta Rahim, pedagang batu akik, Jalan Veteran, Kelurahan Ujung Bulu, Kecamatan Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Senin (13/5/2015).

Selain memiliki kelebihan dari warna dan corak batu jenis badar besi ini juga tidak kalah kerasnya dengan batu bacan atau rubi, batu jenis ini mencapai delapan mohs jika diukur dengan alat pengukur kekerasan batu. “Selain keras, harga panca warna badar besi murah, sekitar Rp 300.000 perbongkahan dengan berat satu kilogram,“ ujar Akta Rahim.

Rahman, seorang kolektor batu akik dari Parepare, langsung membeli saat melihat batu asal Kabupten Barru ini. “Dasar cokelat dengan corak batik, seberat satu kilogram dan membuat batu cincin,” kata Rahman.

Rahman mengakui, Panca warna badar besi, dasar cokelat sangat cocok untuk batu cincin, dengan memakai baju Batik. “Batu panca warna badar besi ini sangat serasi bila kita memakai baju batik,“ kata Rahman.

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*