BATU CIBI SAINGI PAMORNYA BATU BACAN HALMAHERA

Lagi-lagi kabar yang menyeruak di telinga, setelah beberapa hari lalu diberitakan bahwa batu akik Garut Ijo Ohen mampu saingi pamor batu bacan kini batu cibi berwarna pink asal sungai Lebong Bengkulu yang baru di temukan ini kelasnya akan menyaingi Bacan. Namun semua ini tentu baru pendapat berbagai orang saja. Tetap saja mata dan kesukaan orang yang tak bisa di paksakan. Walaupun Bacan dikatakan sudah banyak yang menyaingi  namun batu bacan masih banyak dicari para kolektor dan harganya juga masih sangat fantastis.

Mungkin setelah batu pink cibi akan ada lagi batu akik dari daerah lain yang nantinya akan menyanyingi pamornya sihijau mengkilau bacan yang notabanenya banyak tersimpan dalam bukit di Halmahera.

Unggulnya batu Cibi ini disampaikan langsung oleh Ketua Asosiasi Batu Mulia Bengkulu (BMB), Bintoro Fatahilah, beliau menyatakan batu akik merah muda (pink) jenis cendana asal Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu, diyakini bisa menyaingi popularitas batu bacan dari Bukit Halmahera.

Sebab, batu yang akrab disapa cendana indah bengkulu Indonesia (CIBI) itu memantulkan sinar jika diberi cahaya. Tak tanggung-tanggung beliau juga mengatakan kelas batu ini sudah di atas batu bacan.

“Kelasnya di atas bacan yang masih masuk jenis batu akik,” kata Bintoro, Sabtu (28/3/2015).

Selain memantulkan cahaya alasan lain ia tekankan adalah dari kekerasan batu tersebut. Kekerasan batu cibi ini masuk jenis batu quartz atau kuarsa. Selain itu, harga jual bahan batu atau rough jenis ini dipatok sekira Rp20 juta per kilogram. Beliau juga menambahkan, untuk mendapat hasil sempurna, pengasah batu CIBI memerlukan waktu selama empat hingga lima jam.

”Varian batu ini baru ditemukan akhir 2014 di wilayah perbukitan Kabupaten Lebong, berbatasan dengan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS),” tutur Bintoro.

Penemuan batu akik jenis ini memang menambah lagi kekayaan batu akik di nusantara kita, soal bersaing-saing tergantung individu menilainya. Karena tak jarang batu akik yang jenisnya jauh di bawah batu top bisa juga tersaingi dengan penjualan yang fantastis seperti batu akik yang memiliki motif-motif unik dan langkah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015