Mengenal Ciri Batu Akik Mustika Mata Dewa Yang Asli

Jika Anda berjalan-jalan di pusat perdagangan batu akik, anda pasti akan ditawari juga batu akik sulaiman mata dewa dengan berbagai varian warna dasarnya.

Batu dengan motif mata ini sangat unik. Batu akik yang paling umum dijumpai memiliki motif ini adalah jenis akik sulaiman. Jika Anda berjalan-jalan di pusat perdagangan batu akik sangat varian warna dasarnya.

Agar anda terhindar dan tidak menjadi korban penipuan oknum pedagang nakal.Yang perlu Anda pahami adalah keaslian motif mata pada batu mata dewa tersebut.

Berikut ini beberapa cara membedakan batu akik mata dewa yang asli. Mudah-mudahan dapat membantu dalam mengenali mana batu mata dewa yang asli dan palsu.

Perhatikan Ciri-Ciri Batu Akik Mata Dewa Asli berikut ini:

Pertama, Pada umumnya batu akik terasa berat meskipun kecil ukurannya. Lain halnya dengan batu sintesis atau palsu yang terasa ringan.

Kedua, Sebagai batu yang lahir dari alam, batu akik memiliki suhu yang dingin dan cepat dingin setelah terpapar panas. Tempelkan saja di pipi. Jika terasa adem, maka batu akik tersebut asli.

Ketiga, Sama halnya dengan batu akik lain, batu mata dewa asli tidak akan mudah terbakar. Coba bakar pada bagian mata dewanya. Jika asli maka bagian luar hanya mengeluarkan sejenis minyak yang akan hilang setelah dihapus. Sementara batu sintesis atau batu palsu akan meleleh atau meninggalkan bekas yang tidak bisa hilang.

Keempat, Cara ini juga dapat dipakai untuk mengetes keaslian batu yaitu dengan cara membenturkan dua batu akik satu sama lain. Jika batu tersebut asli, maka akan muncul percikan api. Namun, tes ini harus dilakukan di tempat gelap agar percikan terlihat dengan jelas.

Kelima, Ciri alami yang dimiliki batu akik adalah serat yang terdapat di dalamnya. Serat inilah yang sukar ditiru. Anda dapat melihat serat ini dengan menggunakan kaca pembesar.

Keenam, Khusus untuk batu mata dewa ini, motif mata yang muncul di atasnya harus terlihat alami. Anda bisa mengamatinya dengan kaca pembesar. Jika batu terlihat padat dan memiliki ciri-ciri lain di atas, maka batu tersebut asli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons