Mbah Paiman Timbul Sosok Penemu Batu Akik Kalsedon Pacitan

Seputar berita yang disajikan setiap hari di media internet tak lepas dari pemberitaan tentang batu akik. Dari info batu akik terbaru, harga batu akik dan tak ketinggalan para pedagang yang punya penghasilan lebih dan meningkat secara drastis. Tak heran memang fenomena batu akik ini sangat merata disemua kalangan karena tidak hanya orang – orang berkantong tebal tapi juga orang – orang biasa ikutan demam batu akik, karena jenis batu banyak pariasi dan bentuk sesuai kemampuan kita bisa membeli jadi dirasa semua kalangan pasti bisa ikutan.

Kali ini kita akan ke daerah pacitan, karena disana terdapat batu akik yang diberina nama akik kalsedon pacitan. Batu akik jenis kalsedon awal ditemukannya sekitar sepuluh tahun yang lalu oleh seorang ahli batu akik dari Pacitan. Dia adalah Mbah Paiman Timbul, ahli dan pengusaha batu akik dari Kecamatan Donorejo Kabupaten Pacitan yang menemukan specimen batu mulia jenis keladen ini. Kemudian baru pada sekitar tahun 2013 batu ini dikenalkan pada publik.

Batu akik jenis kalsedon adalah termasuk salah satu jenis batu akik yang paling banyak diburu. Batu akik jenis ini sering disebut kaladen, keleden atau di dunia internasional biasa dikenal dengan chalcedony. Dengan begitu banyaknya yang meminati batu akik jenis ini, tak heran jika harga batu ini melambung tinggi.

Ada beberapa motif yang ada pada batu jenis kalsedon. Tak kurang ada empat motif yang begitu indah yang membuat batu jenis ini begitu diminati. Berikut ini motif batu akik kalsedon.

1. Motif Punggung Kura – Kura, motif ini yang jamak ditemukan dari batu akik jenis Kalsedon.

2. Motif Klep Moonstone, sesuai dengan namanya, batu ini jika diberi memiliki warna putih yang terang dan jika diberi cahaya senter akan menyerupai bulan.

3. Motif Klep Cat’s Eye, motif klep dengan kemilau garis tali yang memanjang dari ujung satu ke ujung lainnya.

4. Motif Bi-Colour dan Tri-Coluour Change, motif ini dimiliki oleh jenis Batu King Keladen – Golden Supreme.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons