Mengulas Apa itu Batu Akik Amber Karya Buatan Alam

Kita akan membahas  bagamana cara melihat keaslian batu Amber. Perlu kita ketahui bersama, Batu Amber atau Ambar merupakan batu mulia yang terbentuk dari fosil resin atau getah tanaman. Selama berjuta-juta tahun, getah tanaman yang mengeras memfosil menjadi sebentuk batu berwarna kuning tua agak jernih. Sehingga kalau dilihat sepintas seperti batu buatan atau batu cetakan dan tidak sedikit orang yang merasa begitu tehadap batu ini.

Tak aneh, jika banyak orang yang menemukan batu amber di dalamnya terdapat seekor serangga, semisal laba-laba, capung, semut, atau serangga lainnya. Biasanya serangga tersebut terjebak di dalam getah tanaman. Sampai resin tanaman tersebut mengeras menjadi fosil, dan disitu juga bentuk keistimewaanya karya dari alam yang terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia.

Saat ini penjualan batu amber di pasar dan toko perhiasan berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Harga Batu amber untuk dimensi 28 x 21 x 10 mm di jual seharga Rp. 600.000, sementara Harga bongkahan batu amber mencapai 1.500.000/kg nya.

Berikut ini kami sampaiakan ulasan tentang Ciri-Ciri Batu Amber Asli, simak baik-baik jangan sampai ada terlewat :

• Memiliki warna yang khas yaitu warna kuning kemerahan kadang-kadang      berisi hewan dan bahan tanaman sebagai inklusi karena terperangkap   didalam getah sebelum memfosil.

• Mengandung minyak aetherisch yang biasa disebut minyak barnsteen atau   minyak amber atau juga barnsteenzuur.

• Nilai kerasnya 2 dalam daftar keras Mohs dan memiliki struktur kristal   amorphous dan beratnya lebih berat daripada air.

• Apabila amber ini dipanaskan ia menjadi lunak dan mengembang serta   menyiarkan bau yang sedap.Kadang-kadang kalau terlalu panas,bisa   terbakar habis.

• Jika digosok dengan lijnolie menjadi lembek atau lunak tanpa hancur,     mudah dilipat-lipat sehingga mudah pula dibuat barang perhiasan wanita.

• Jika orang menggosok amber ini dengan kain maka amber itu akan menjadi   magnetis dan bisa menarik potongan-potongan kertas kecil.

• Amber jika direndam dalam air atau alkohol tidak akan hancur.

• Batu amber sering memiliki inklusi berupa serangga dan tumbuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons