DEMAM BATU AKIK KURANGI KENAKALAN REMAJA

Apa dampak negati akibat demam batu akik seperti sekarang ini dan apa pula dampak positif yang bisa kita ambil dari demam batu akik saat ini? pertanyaan ini bisa anda jawab dengan jelas. Mungkin dampak negatif yaitu perusakan alam karena keserakahan manusia karena tidak lagi mau memperbaiki sisa penggalian batu akik, dan masih ada lagi kejadian-kejadian aneh seperti terkabar ada batu cincin tertelan oleh bocah, cincin tak bisa lepas dari jari, penipuan jual beli batu akik dan baru-baru ini telah tertangkap beberapa pencuri batu akik yang harganya cukup mahal.

Itu kalau di lihat dari dampak negatifnya kalau dampak positif, tentu lah sejak boomingnya batu akik ini masyarakat miskin dan menengah bisa menambah penghasilan dari pemburuan dan penjualan batu akik, kemudian batu akik yang berasal dari daerahnya masing-masing mampu mengangkat potensi lokal daerah-daerah tersebut, seperti batu akik bacan dari Halmahera, Giok Aceh, Red Raflesia Bengkulu, Spirtus dan lavender dari Baturaja, dan masih banyak lagi. Namun baru-baru ini salah satu dampak positif yang baru dirasakan oleh  Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi, karena dia mengklaim kerajinan batu akik dapat mengurangi kenakalan dan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja di daerah itu.

Beliau berkata kalau Animo masyarakat menekuni kerajinan batu akik yang tinggi dapat mengurangi pergaulan remaja yang dapat merusak diri dan masa depannya di Pangkalpinang, Senin.

Ya tentu ini memang menjadi bukti nyata yang benar-benar terjadi, para remaja mungkin akan lebih berpikir cerdas dari pada hidupnya dan kesehariannya habis untuk sia-sia, para remaja sekarang banyak yang terlibat langsung berburu batu akik, mengasah batu akik dan bahkan melakukan transaksi jual beli. Uang tambahan yang mereka dapat membantu orang tua dan bisa membantu biaya sekolahnya.

Untuk itu, kata dia, pihaknya akan terus mengembangkan potensi usaha batu akik ini, melalui berbagai kebijakan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Misalnya, kebijakan PNS diwajibkan memakai batu akik, bantuan dan pelatihan kepada perajin dan lainnya.

“Saat ini, perekonomian masyarakat melemah akibat harga timah anjlok dan diharapkan kebijakan batu akik ini dapat membantu masyarakat meningkatkan usahanya,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015