BONGKAHAN BATU AKIK MOTIF BATIK DITEMUKAN DI MADURA

Sungguh luar biasa sumber daya alam atau pun kekayan alam di Indonesia negeri kita tercinta ini. Selain memiliki budaya dan bahasa yang berbeda-beda namun itu justru menjadikan negara ini  semakin indah. Setiap Provinsi, Kabupaten atau Kota di setiap Indonesia memiliki sumber daya alam yang unik-unik. Salah satunya adalah penemuan sebua bongkahan batu akik yang ada di desa Bregeng, Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, karena di desa ini sedang dihebohkan dengan penemuan bongkahan batu akik dengan bermacam motif dan ukuran. Salah satunya bermotif batik dan kita tahu memang batik merupakan kekayaan budaya yang saat ini sudah di akui dunia .

Bongkahan batu akik tersebut ditemukan pada dua lokasi berbeda. Pertama batu akik ditemukan di pekarangan rumah milik Mad Niat. Sedangkan lokasi kedua di sebuah bukit milik Tijen.

“Masyarakat di sini memang menemukan bongkahan batu akik beberapa bulan yang lalu,” terang Kepala Desa (Kades) Bregeng, Busri Syukur, kepada Okezone ketika dikonfirmasi.

Ia menjelaskan, penemuan batu akik sendiri bermula ketika warga menggali tanah untuk pondasi. Namun, dalam tanah itu terdapat bongkahan batu. Awalnya, masyarakat tidak tahu jika batu yang ditemukan akik.

Tetapi, setelah diteliti secara seksama merupakan batu akik. Sebab, batu yang ditemukan berbeda dengan batu pada umumnya karena memiliki motif. Jumlah bongkahan batu akik yang ditemukan cukup banyak.

Di antaranya meliputi batik dan kristal yang berwana kuning serta kecokelatan. Adanya kabar penemuan batu akik membuat banyak warga berdatangan ke lokasi untuk melihat secara langsung. Maklum saat ini masyarakat sedang demam akik. “Ukuran bongkahan batu akik yang ditemukan bervariasi, ada yang berdiameter 20 cm dan ada pula berdiameter 30 cm,” pungkasnya.

Namun yang paling unik adalah motif batik tersebut, hingga saat ini belum di konfirmasi apakah bongkahan batu tersebut akan langsung dijual atau akan dibentuk batu akik terlebih dahulu. Dan untuk harganya juga belum bisa diketahui karena batu ini juga harus di uji kekerasannya, dan apakah motifnya nanti tetap berbentuk batik atau tidak setelah di asah.

Comments

Add a Comment
  1. Para penghobi dan pengrajin batu akik..
    Saya vandy zuhur
    saya menjual bahan bongkahan batu akik bermotif batik an bergambar..
    Hubungi kami??
    D’no Hp=082240293608
    Trim’z!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons