Batu Akik Cyclops Asli Dari Pegunungan Cyclops Papua

Satu persatu jenis batu akik baru asli Indonesia terus bermunculan, dan kini dari wilayah Indonesia Timur lebih tepatnya dari tanah Papua yang dikenal kaya dengan batu alam yaitu Batu Cyclops yang berasal dari kawasan pegunungan Siklop, Kabupaten Sentani Jayapura. Tak sedikit orang – orang sudah banyak mencari jenis batu ini, di karenakan keindahan batu ini apabila terkena cahaya bisa membuat mata terpanah. Semua warga disana banyak yang beralih profesi menjadi penambang batu dikarenakan permintaan batu ini sangatlah banyak.

Gunung Siklop yang ada di Papua ini juga disebut dengan gunung ibu atau “air susu ibu” yang sangat dikeramatkan oleh penduduk setempat karena memiliki banyak mata air yang mengalir ke Danau Sentani. Tempat yang begitu berkah dan oleh sebab itu batu – batu disini sangatlah indah dikarenakan aliran air yang berkgesakan dengan bebatuan membuat batu – batu disini menjadi mengkristal sehingga menjadi tampat indah.

Hal inilah yang menjadikan batu cyclops cukup sulit untuk ditemukan di pasaran dan bahan material langkanya juga susah didapatkan dari gunung tersebut. Tak heran banyak yang rela datang kesana untuk berburu ke tampatnya langsung. Para koletorpun sangat begitu tertarik dengan batu ini karena batu ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan batu – batu lain yang mungkin salah satunya batu ini tembus kalau kita beri cahaya center dan disanalah letak keindahannya.

Batu cyclops yang merupakan salah satu jenis batu Kuarsa Kristal memiliki banyak pilihan jenis warna yang beragam seperti kuning, hijau, merah, oranye, biru, kuning, putih ataupun hitam. Tapi walau berbagai macam warna semua batu ini tembus terhadap cahaya.

Harga batu cyclops pun bervariasi mulai dari ratusan ribu rupiah sampai jutaan rupiah tergantung dari harga pasaran masing-masing daerah. Mangkanya banyak orang – orang rela kesana langsung ketimbang membeli di kota besar karena harganya pasti sudah sangat mahal.

Untuk melihat kualitas batu cyclops cukup mudah, seperti halnya dengan jenis batu akik yang lain yaitu dengan menyorot dengan lampu sinar LED maka cahayanya akan terlihat tembus dan dipastikan anda yang belum punya pasti tertarik untuk memilikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015