BABEL JUGA TURUT PEMPROV SUMSEL, ANJURKAN PNS PAKAI CINCIN BATU AKIK

Setelah beberapa hari lalu Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menyetujui perda tentang PNS Sumsel di anjurkan memakai cincin batu akik saat bekerja kini giliran Gubernur Bangka Belitung (Babel) Rustam Effendi yang juga mendukung rencana penyusunan peraturan daerah tentang pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintah di provinsi itu mengenakan batu akik saat bekerja/dinas.

“Kami sangat mendukung perda tersebut, karena dapat meningkatkan perekonomian dan promosi potensi daerah,” kata Rustam Effendi, usai membuka kontes batu akik di Pangkalpinang, Jumat (3/4). Menurut dia, perda batu akik ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, memperkenalkan potensi daerah melalui promosi batu alam.

“Dalam waktu dekat ini, kita akan bahas rancangan peraturan daerah terkait batu akik tersebut,” ujarnya. Namun demikian, kata dia, pembahasan ranperda ini tergantung situasi dan kondisi pemerintahan daerah ini. Apabila tidak memungkinkan, maka pihaknya akan mengeluarkan peraturan gubernur (pergub) supaya seluruh PNS mengenakan batu akik saat bekerja.

“Kami sangat setuju dengan aturan PNS mengenakan batu akik saat bekerja, karena ini akan meningkatkan usaha dan kualitas kerajinan batu akik,” ujarnya. Saat ini, kata dia, perda batu akik telah diterapkan di Manado Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintahan Maluku. Batu alam tidak saja dijadikan cincin, kalung, tetapi juga untuk berbagai jenis aksesoris dan cinderamata.

“Kami berkeinginan batu akik tidak menjadi kerajinan musiman, tetapi terus berkembang dan menjadi ikon atau lambang daerah ini,” ujarnya. Untuk itu, kata dia, diharapkan kegiatan kontes batu akik ini dapat mempromosikan potensi daerah ke tingkat nasional dan internasional, sehingga dapat meningkatkan pendapatan perajin.

Hal ini tentu akan disambut baik oleh para perajin batu akik di Bangka Belitung, mereka yakin keuntungan penjualan batu akik mereka akan bertambah laris, dan tentu kedepannya taraf perekonomian mereka bisa berubah. Memang perda tersebut belum turun namun hingar bingar telah dirasakan para penjual batu akik, setidaknya kini para pns yang belum memiliki batu cincin batu akik pasti akan segera membeli cincin batu akik kepada mereka.

 

Loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*