Sempat Jadi ‘Ratu’, Pinkan Mambo ‘Banting Setir’ Jadi Pengamen L.A

Sepuluh tahun lalu, Pinkan Mambo merupakan salah satu penyanyi yang namanya begitu dipuja. Memulai karir cemerlang bersama Maia Estianty dalam duo Ratu, perjalanan wanita bersuara seksi ini pun kian berliku.

Bersama mantan istri Ahmad Dhani itu lah, nama Pinkan mulai diperhitungkan dan dikenal luas oleh para pecinta musik tanah air. Punya karakter dan cara menyanyi yang unik, pemilik bibir menggoda ini sukses memikat dengan koleksi satu album bersama Ratu.

329177_620
Sebelumitu, Pinkan awalnya merupakan backing vocal Dewa 19 yang digawangi Ahmad Dhani. Karena saat itu Maia mulai tertarik untuk serius bermusik, akhirnya Pinkan ditarik untuk dijadikan vokalis utama Ratu.

Namun sayang, di tengah kegemilangan yang tengah diraihnya,Pinkan harus keluar dari Ratu lantaran dirinya hamil di luar nikah. Hal tersebut tak bisa ditolerir oleh Maia hingga mau tak mau ia harus mendepaknya.

Album BERSAMA yang dirilis 2003 lalu menjadi kenangan satu-satunyaPinkan bersama Ratu. Di album ini, beberapa hits yang sempat booming di antaranya Jangan Bilang Siapa SiapaAku Baik-Baik SajaSalahkah Aku Terlalu Mencintaimu, dan beberapa lainnya.

Setelah mundur dari Ratu pada akhir 2004, Pinkan menjajal peruntungannya sebagai solois. Memulai debutnya, ia ditunjuk sebagai salah satu pengisi dalam album kompilasi BEST FEMALE IDOL milik Glenn Fredly. Meski kiprahnya tak setenar saat masih bersama Ratu, solois 33 tahun cukup konsisten berkarya dengan menelurkan tiga album yakni AKU TAHU RASANYA (2006), WANITA TERINDAH (2008) danTENTANG CINTA (2012).

Pada 2013, Pinkan menikah dengan DJ Steve di Los Angeles. Belakangan nama Pinkan kembali lantang terdengar saat dirinya diketahui ngamen di pinggir jalan megapolitan tersebut. Dengan sebuah papan bertuliskan ‘Sumbangan kalian akan membantu karir musikku hingga aku dikontrak (label). Tuhan memberkati, terima kasih’, situasi ini terlihat ironis bagi banyak orang.

Foto itu pun membuat gempar dunia maya. Pasalnya, sebagai penyanyi yang pernah dielu-elukan di Indonesia harus menadahkan ember merah di pinggir jalan untuk meminta sumbangan dari para pejalan di L.A. Akan tetapi, totalitasnya untuk berjuang sebagai penyanyi layak diapresiasi. Kenapa malu jika hal itu dilakukannya untuk mengejar mimpinya untuk go internasional?

Terlepas dari semua itu, tak dipungkiri Pinkan Mambo adalah sosok penyanyi hebat yang total dalam mengembangkan karirnya. Kita doakan saja semoga usaha kerasnya berbuah manis dengan bukti prestasinya di kancah internasional, menyusul kesuksesan penyanyi hebat asal Indonesia lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons