RIDWAN KAMIL INGINKAN BATU SPRITUS BATURAJA JADI CINDERAMATA KONFERENSI ASIA AFRIKA

Peringatan KAA (Konferensi Asia Afrika) yang akan digelar di Provinsi Jawa Barat menjadi kehormatan sendiri bagi Walikota Bandung Ridwan Kamil. Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi menyatakan bahwa Pemerintah akan mengundang 106 wakil negara dan 19 organisasi internasional untuk berpatisipasi dalam acara tersebut. Tema yang akan diusung dalam Peringatan ke-60 tahun Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Afrika adalah “Penguatan Kerjasama Negara Selatan-Selatan”. “‎Tema yang akan kita jual dalam peringatan 60 tahun KAA adalah perkuatan, straigthening, kerjasama selatan-selatan. Akan tetapi, pada saat yang sama kita juga menginginkan agar kerjasama selatan-selatan ini juga memberikan kontribusi terhadap upaya untuk mempromosikan perdamaian dan kesejahteraan dunia,” paparnya.

Menyambut kedatangan para wakil tiap negara tersebut harus dengan ramah tama dan harus ada kenang-kenangan ketika mereka pulang dari Indonesia. Sebelumnya pria yang akrab disapa Emil tersebut ingin sekali menjadikan batu akik sebagai souvenir atau cinderamata bagi tamu-tamu negara tersebut. Namun dia sempat bingung batu akik jenis apa yang akan diberikan. Emil sendiri menginginkan batu akik yang bewarna biru entah apa alasannya di memilih warna biru bisa jadi warna favoritenya atau warna jersey kebesaran Persib Bandung. Emil sudah memilih batu mulia Spritus Baturaja, Sumatera Selatan yang berwarna biru terang. Namun jika memang ada batu dari Jawa Barat yang berwarna biru, akan ia pakai sebagai cinderamata.

“Masih mungkin untuk cari yang dari Jawa Barat. Saya bilang tolong carikan yang warna biru, kasih tahu ke saya,” ujar Emil kepada wartawan, Minggu (29/3/2015). Menurut Emil, bisa saja nanti batu Spiritus Baturaja untuk perempuan dan batu asal Jabar untuk yang laki-laki.
Untitled-1

“Kalau yang batu baturaja itu kan terang, agak keunguan. Bisa untuk yang perempuan. Kalau ada warna biru yang gelap dari Jabar bisa untuk yang laki-lakinya,” kata Emil.

Rencananya, panitia KAA akan menyiapkan satu kotak cindramata untuk masing-masing tamu negera yang hadir dalam KAA ke-60 di Bandung. Dalam kota tersebut berisi kumpulan-kumpulan cinderamata yang dibuat oleh sejumlah kalangan.

“Nanti ada selendang, tempat pinsil kandur keramik dari Cianjur, batu akik dua macam. Satu untuk perempuan, satu untuk laki-laki, juga nanti ada kujang kecil sebagai simbol budaya. Saya juga mau nulis surat cinta pakai bahasa Inggris,” terang Emil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons