KHASIAT DAN CARA MERAWAT BATU ANGGUR SPRITUS BATURAJA

Masih membahas tentang Batu Mulia. Bahasan kali ini adalah masih seputar batu cantik nan indah asli dari Baturaja Sumatera Selatan yaitu batu spritus baturaja jenis anggur.

Batu Anggur spritus Baturaja warna biru langit  ini sudah terkenal dan ternama dan batu anggur asal Baturaja ini seudahmenjadi salah satu primadona bagi kalangan kolektor batu akik, masih masuk dalam jenis Chalcedony warna biru langit sungguh sangat eksotis, lembut dan dingin.

Batu yang banyak ditemukan di Desa Simpang Empat dan Desa Segara Kembang, Kecamatan Lengkiti ini sudah terkenal sejak tahun 60an, hal ini disampaikan oleh Zoem putra asli Baturaja yang mendapat julukan pangeran biru karena dirinya yang telah banyak memperkenalkan batu ini ke penjuru Indonesia dan hingga keluar negeri.

Batu jenis ini banyak dicari kolektor karena kekerasannya yang mencapai 70 mohs. Harga dari batu spritus ini pun mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah untuk yang berkwalitas baik, sedangkan untuk yang berkwalitas sedang harganya bisa mencapai 1-2 juta rupiah. Seorang kolektor dari jakarta menawarkan batu spritus pada pameran batu permata dicaracas jakarta timur seharga 250 juta, sayangnya para penawar lelang batu tersebut hanya berkisar antara 100-150 juta rupiah saja.

Selain batu spritus atau biru langit masih banyak batu lainnya yang tak kalah bagusnya contohnya batu lavender, sunkis, akik darah, akik lumut, giok, sulaiman dan lain sebagainya.

Cara Merawat Batu Anggur Spritus Baturaja :

  • Dipakai setiap hari, menurut sumber yang terpercaya memakai batu cincin setiap hari bisa membuat batu semakin bagus (tua) dan cepat mengeluarkan warna aslinya.
  • Bersihkan dengan berkala menggunakan cairan pembersih ringan seperti sabun.
  • Oleskan baby oil atau minyak zaitun untuk membuat warna semakin menarik.
  • Untuk mengkilapkan batu gunakan kertas intan atau kulit.
  • Ketika tidak dipakai, jangan letakkan batu didekat alat kosmetik yang banyak mengandung zat kimia.

Khasiat Batu Anggur Spritus Batu Raja :

  • Relevansi menurut warna batu anggur : Warna dari bebatuan ini memunculkan sumber energi di bagian kepala (ubun-ubun), cakra tertinggi ( yang ke tujuh ).
  • Selain itu diyakini menghasilkan getaran-getaran yang positif untuk membantu menciptakan harmonisasi, kesembuhan dan menjaga kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons