Cahaya batu Spritus Baturaja

Indonesia saat ini sedang heboh dengan kedatangan jawara batu baru, namanya batu akik spritus baturaja. Batu akik ini harus diakui sangat berkualitas dan sudah diakui oleh dunia. Bahkan paraa kolektor mancanegara sudah mencari batu spritus Baturaja Sumatera Selatan.

Harga batu akik Spritus Baturaja ini juka sudah mencapai ratusan juta rupiah. Banyak orang yang memburu batu ini demi mendapatkan kualitas terbaik, bahkan beberapa kolektor sudah turun langsung ke kota Baturaja untuk menjadi tangan pertama yang memiliki batu spritus Baturaja ini.

Disamping corak dan keindahannya, harga batu ini lumayan tinggi, selain itu, batu Spritus yang berasal dari Baturaja ini memiliki motif yang sangat khas sekali yang sangat berbeda dengan batu-batu akik dari daerah lain di Indonesia.

Dalam sebuah pameran nasional di Jakarta, Batu Spritus baturaja dihargai ratusan juta rupiah, namun pemiliknya tetap tidak melepas batu ini walau sudah ditawar hingga Rp. 175 juta rupiah.
Dijelaskannya, hasil batu akik Baturaja ini khususnya yang berkualitas jenis lavender dan spritus tidak ada di dasar Sungai Ogan, tetapi hanya terdapat di Desa Simpang Empat dan Desa Segara Kembang, Kecamatan Lengkiti.
Untitled-1

Memang untuk mendapatkan batu akik berkualitas tersebut para kolektor harus bekerja keras menggali di daratan dengan kedalaman 3-4 meter, katanya dan jangan salah, untuk mendapatkan jenis batu spritus Baturaja berkualitas, para kolektor sampai harus  membeli lahan dulu dengan warga lokal, selanjutnya mengupah penggali.

“Warga lokal sebenarnya juga ada yang menjual berbagai jenis batu, namun kualitasnya kurang bagus, karena biasanya batu dijual tersebut sudah disortir terlebih dahulu dan kalaupun ada harganya tidak sesuai dengan kualitas barang,” kata seorang warga lokal.

Saat ini di dua desa itu aktivitas penggalian batu akik sudah mulai banyak, bahkan ibu-ibu pun ada yang ikut-ikutan hobi mencari batu spritus baturaja ini.
“Batu akik yang menang kontes adalah jenis biru langit atau yang dikenal batu spritus,” kata Ketua Komunitas Batu Akik Baturaja tersebut.

batu spritus baturaja terbaru

BATU SPRITUS BATURAJA

batu spritus dari baturaja

Updated: March 27, 2015 — 2:19 pm

Comments

Add a Comment
  1. wowww..
    memang keren banget ni batu..
    tapi harganya masih tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

jurnalpagi.com © 2015
Show Buttons
Hide Buttons